Harahap, Fitri Khairunnisa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII MTSN 1 TAPANULI SELATAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4173111024_Cover.pdf
Download (281kB)
4173111024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4173111024_Abstrak.pdf
Download (980kB)
4173111024_Kata_Pengantar.pdf
Download (616kB)
4173111024_Daftar_Isi.pdf
Download (630kB)
4173111024_BAB_I.pdf
Download (630kB)
4173111024_BAB_V.pdf
Download (224kB)
4173111024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (210kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTsN 1 Tapanuli Selatan .Populasi dalam penelitian ini ini adalah seluruh kelas VII MTsN 1 Tapanuli Selatan yang terdiri dari 4 kelas dan jumlah keseluruhan siswa kelas VII sebanyak 107 siswa.Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah melalui Cluster Random Sampling dimana pengambilan sampel populasi tidak terdiri dari individu-individu ,melainkan terdiri dari kelompok-kelompok yang mempunyai karakteristik yang sama (homogeny.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A dan VII-B yang berjumlah 33 siswa .Sebagai instrumen penelitian digunakan data tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam bentuk tes isian pada materi pecahan,dimana soal berjumlah 10 soal dan telah divalidasi oleh dosen dan guru matematika.
Dari analisa data skor untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum menggunakan model Mind Mapping diperoleh rata-rata sebesar 78,2 dengan standar deviasi 5,56 dan sesudah menggunakan model Mind Mapping diperoleh rata-rata sebesar 82,3 dengan standar deviasi 5,27.Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil pengolahan data untk variabel diperoleh tes kemampuan pemcahan masalah matematis siswa thitung> ttabel (7,031>1,990847),hasil ini membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain Adanya pengaruh model Kooperatif tipe Mind Mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di MTsN 1Tapanuli Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.712 Har p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Mind mapping; Pemecahan masalah matematis; Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:15 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59084 |