PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII MTSN 1 TAPANULI SELATAN

Harahap, Fitri Khairunnisa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII MTSN 1 TAPANULI SELATAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173111024_Cover.pdf] Text
4173111024_Cover.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 4173111024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173111024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4173111024_Abstrak.pdf] Text
4173111024_Abstrak.pdf

Download (980kB)
[thumbnail of 4173111024_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173111024_Kata_Pengantar.pdf

Download (616kB)
[thumbnail of 4173111024_Daftar_Isi.pdf] Text
4173111024_Daftar_Isi.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of 4173111024_BAB_I.pdf] Text
4173111024_BAB_I.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of 4173111024_BAB_V.pdf] Text
4173111024_BAB_V.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4173111024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173111024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTsN 1 Tapanuli Selatan .Populasi dalam penelitian ini ini adalah seluruh kelas VII MTsN 1 Tapanuli Selatan yang terdiri dari 4 kelas dan jumlah keseluruhan siswa kelas VII sebanyak 107 siswa.Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah melalui Cluster Random Sampling dimana pengambilan sampel populasi tidak terdiri dari individu-individu ,melainkan terdiri dari kelompok-kelompok yang mempunyai karakteristik yang sama (homogeny.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A dan VII-B yang berjumlah 33 siswa .Sebagai instrumen penelitian digunakan data tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam bentuk tes isian pada materi pecahan,dimana soal berjumlah 10 soal dan telah divalidasi oleh dosen dan guru matematika.
Dari analisa data skor untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum menggunakan model Mind Mapping diperoleh rata-rata sebesar 78,2 dengan standar deviasi 5,56 dan sesudah menggunakan model Mind Mapping diperoleh rata-rata sebesar 82,3 dengan standar deviasi 5,27.Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil pengolahan data untk variabel diperoleh tes kemampuan pemcahan masalah matematis siswa thitung> ttabel (7,031>1,990847),hasil ini membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain Adanya pengaruh model Kooperatif tipe Mind Mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di MTsN 1Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.712 Har p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Mind mapping; Pemecahan masalah matematis; Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Jan 2025 04:15
Last Modified: 22 Jan 2025 08:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59084

Actions (login required)

View Item
View Item