Situmorang, Martogi Ray Martin (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA SWASTA MARKUSMEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111032_Cover.pdf
Download (63kB)
4191111032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (342kB)
4191111032_Abstrak.pdf
Download (500kB)
4191111032_Kata_Pengantar.pdf
Download (958kB)
4191111032_Daftar_Isi.pdf
Download (364kB)
4191111032_BAB_I.pdf
Download (685kB)
4191111032_BAB_V.pdf
Download (382kB)
4191111032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (437kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Markus Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran think pair share, dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Perolehan hasil rata-rata skor tes akhir (post-test) siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 84,33, sedangkan pada kelas kontrol hasil rata-rata skor tes akhir siswa yaitu sebesar 70,14. Pada uji hipotesis, diperoleh hasil uji perbedaan rata-rata (uji-t) dengan statistic nilai �ℎ����� > ������ (8,342 > 1,671) yang artinya terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran think pair share yang diterapkan pada kelas eksperimen. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 08:55 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59073 |