PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA SWASTA MARKUSMEDAN

Situmorang, Martogi Ray Martin (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA SWASTA MARKUSMEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111032_Cover.pdf] Text
4191111032_Cover.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4191111032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 4191111032_Abstrak.pdf] Text
4191111032_Abstrak.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of 4191111032_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111032_Kata_Pengantar.pdf

Download (958kB)
[thumbnail of 4191111032_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111032_Daftar_Isi.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 4191111032_BAB_I.pdf] Text
4191111032_BAB_I.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of 4191111032_BAB_V.pdf] Text
4191111032_BAB_V.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 4191111032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (437kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Markus Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran think pair share, dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Perolehan hasil rata-rata skor tes akhir (post-test) siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 84,33, sedangkan pada kelas kontrol hasil rata-rata skor tes akhir siswa yaitu sebesar 70,14. Pada uji hipotesis, diperoleh hasil uji perbedaan rata-rata (uji-t) dengan statistic nilai �ℎ����� > ������ (8,342 > 1,671) yang artinya terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran think pair share yang diterapkan pada kelas eksperimen. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Jan 2025 08:55
Last Modified: 20 Jan 2025 08:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59073

Actions (login required)

View Item
View Item