Simanjuntak, Nadya Gracella (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 23 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4191111032_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191111032_Cover.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 4191111032_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191111032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (342kB)
![[thumbnail of 4191111032_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191111032_Abstrak.pdf
Download (500kB)
![[thumbnail of 4191111032_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191111032_Kata_Pengantar.pdf
Download (958kB)
![[thumbnail of 4193111053_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193111053_Daftar_Isi.pdf
Download (96kB)
![[thumbnail of 4191111032_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191111032_BAB_I.pdf
Download (685kB)
![[thumbnail of 4191111032_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191111032_BAB_V.pdf
Download (382kB)
![[thumbnail of 4191111032_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191111032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (437kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX-K SMP Negeri 23 Medan dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 23 Medan setelah menerapkan model pembelajaran tipe Think Talk Write. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada akhir setiap siklus peneliti memberikan tes untuk mengukur sejauh mana kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-K SMP Negeri 23 Medan yang berjumlah 27 orang siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada materi fungsi kuadrat. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I, diperoleh bahwa hanya 11 siswa (40,74%) yang telah memenuhi kriteria yang ditentukan yaitu siswa memperoleh nilai ≥ 70. Dari hasil tersebut, dinyatakan bahwa ketuntasan klasikal kelas belum mencapai kriteria minimal ≥85% (banyak siswa yang kemampuan komunikasi matematisnya minimal kriteria sedang mencapai
85%). Setelah tindakan II diperoleh terdapat 24 siswa (88,9%) yang telah memenuhi standar kemampuan komunikasi yang telah ditentukan yaitu memperoleh nilai ≥ 70. Terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar
sebanyak 13 siswa atau 48,14% dan berdasarkan hasil tersebut maka persentase ketuntasan klasikal ini sudah memenuhi standar yang sudah ditentukan. Nilai rata–rata pada tes kemampuan komunikasi matematis siklus I yaitu 62,5 dan meningkat menjadi 78,7 pada siklus II sehingga diperoleh peningkatan rata–rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 16,2. Berdasarkan uraian – uraian di atas disimpulkan bahwa komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada materi fungsi kuadrat di kelas IX-K SMP Negeri 23 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.712 Sim p |
Keywords: | Think talk write; Komunikasi matematis; Sumbu simetri; Nilai optimum; Fungsi kuadrat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 08:18 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59070 |