Simanjuntak, Nadya Gracella (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 23 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111032_Cover.pdf
Download (63kB)
4191111032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (342kB)
4191111032_Abstrak.pdf
Download (500kB)
4191111032_Kata_Pengantar.pdf
Download (958kB)
4191111032_Daftar_Isi.pdf
Download (364kB)
4191111032_BAB_I.pdf
Download (685kB)
4191111032_BAB_V.pdf
Download (382kB)
4191111032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (437kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran tipe
Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis
siswa kelas IX-K SMP Negeri 23 Medan dan untuk mengetahui peningkatan
kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 23 Medan setelah
menerapkan model pembelajaran tipe Think Talk Write. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada akhir
setiap siklus peneliti memberikan tes untuk mengukur sejauh mana kemampuan
komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-K SMP
Negeri 23 Medan yang berjumlah 27 orang siswa. Objek penelitian ini adalah
kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Talk Write pada materi fungsi kuadrat. Berdasarkan hasil
analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I, diperoleh
bahwa hanya 11 siswa (40,74%) yang telah memenuhi kriteria yang ditentukan
yaitu siswa memperoleh nilai ≥ 70. Dari hasil tersebut, dinyatakan bahwa
ketuntasan klasikal kelas belum mencapai kriteria minimal ≥85% (banyak siswa
yang kemampuan komunikasi matematisnya minimal kriteria sedang mencapai
85%). Setelah tindakan II diperoleh terdapat 24 siswa (88,9%) yang telah
memenuhi standar kemampuan komunikasi yang telah ditentukan yaitu memperole
nilai ≥ 70. Terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar
sebanyak 13 siswa atau 48,14% dan berdasarkan hasil tersebut maka persentase
ketuntasan klasikal ini sudah memenuhi standar yang sudah ditentukan. Nilai rata
– rata pada tes kemampuan komunikasi matematis siklus I yaitu 62,5 dan meningkat
menjadi 78,7 pada siklus II sehingga diperoleh peningkatan rata – rata kemampuan
komunikasi matematis siswa sebesar 16,2. Berdasarkan uraian – uraian di atas
disimpulkan bahwa komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada materi fungsi kuadrat di
kelas IX-K SMP Negeri 23 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Think Talk Write, Kemampuan Komunikasi Matematis, Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 08:18 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59070 |