PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TG. TIRAM

Nurmalinda (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TG. TIRAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111032_Cover.pdf] Text
4191111032_Cover.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4191111032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 4191111032_Abstrak.pdf] Text
4191111032_Abstrak.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of 4191111032_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111032_Kata_Pengantar.pdf

Download (958kB)
[thumbnail of 4191111032_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111032_Daftar_Isi.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 4191111032_BAB_I.pdf] Text
4191111032_BAB_I.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of 4191111032_BAB_V.pdf] Text
4191111032_BAB_V.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 4191111032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (437kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dikelas VII-2 SMP Negeri 1 Tg. Tiram. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VII-2 SMP Negeri 1 Tg. Tiram yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 10 dari 29 siswa (34,48%) telah berhasil mencapai target keberhasilan sedangkan 19 siswa lainnya (65,51%) belum mencapai target keberhasilan dengan rata-rata kemampuan siswa sebesar 63,62. Dari kriteria keberhasilan klasikal maka persentase keberhasilan ini belum memenuhi. Setelah pemberian tindakan pada siklus II melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 26 dari 29 siswa (89,65%) telah berhasil mencapai target keberhasilan sedangkan 3 siswa lainnnya (10,35%) belum mencapai target keberhasilan dengan rata-rata kemampuan siswa sebesar 86,37. Berdasarkan target keberhasilan klasikal (≥85%) maka persentase keberhasilan ini sudah memenuhi. Dari uraian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikelas VII-2 SMP Negeri 1 Tg. Tiram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Jan 2025 08:05
Last Modified: 20 Jan 2025 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59069

Actions (login required)

View Item
View Item