PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KERJASAMA SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 43 KABANJAHE

Mafa, Rizki Ramadhan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KERJASAMA SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 43 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311011_Cover.pdf] Text
4193311011_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 4193311011_Abstrak.pdf] Text
4193311011_Abstrak.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4193311011_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311011_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311011_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311011_Daftar_Isi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4193311011_BAB_I.pdf] Text
4193311011_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4193311011_BAB_V.pdf] Text
4193311011_BAB_V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4193311011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini Untuk mengetahui hasil belajar matematika dan kerjasama siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada yang diajar menggunakan pembelajaran Konvensional pada Kelas IX SMP Muhammadiyah 43 Kabanjahe. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen atau eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 43 Kabanjahe T.P 2023-2024 dipilih sampel sebanyak dua kelas, yaitu siswa kelas IX-2 sebanyak 17 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IX-1 sebanyak 17 siswa sebagai kelas eksperimen. Metode pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pada penelitian ini data yang diolah adalah hasil belajar dan kerjasama siswa kelas IX SMP. Dengan menggunakan rumus uji-t, analisis uji-t dilakukan sebagai metode analisis data. Dari hasil penelitian rata-rata posttest kedua kelas dengan menggunakan membandingkan hasilnya didapatkan hasil kelas eksperimen yaitu sebesar 77,88 dan kelas kontrol sebesar 73,94 diperoleh sebuah kesimpulan bahwa hasil belajar matematika dan kerjasama siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih baik dari model pembelajaran Konvensional pada Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 43 Kabanjahe. Tahun ajar 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Kerja Sama Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Jan 2025 06:51
Last Modified: 20 Jan 2025 06:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59061

Actions (login required)

View Item
View Item