PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PMR BERBANTUAN ICT UNTUK MENINGKTKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Wulandari, Kiki (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PMR BERBANTUAN ICT UNTUK MENINGKTKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4181111007_Cover.pdf] Text
4181111007_Cover.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4181111007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4181111007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of 4181111007_Abstrak.pdf] Text
4181111007_Abstrak.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 4181111007_Abstrak.pdf] Text
4181111007_Abstrak.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 4181111007_Kata_Pengantar.pdf] Text
4181111007_Kata_Pengantar.pdf

Download (889kB)
[thumbnail of 4181111007_Daftar_Isi.pdf] Text
4181111007_Daftar_Isi.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 4181111007_BAB_I.pdf] Text
4181111007_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4181111007_BAB_V.pdf] Text
4181111007_BAB_V.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4181111007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4181111007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan LKPD berbasis PMR berbantuan ICT untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Akhwat SMP IT Al Ikhwan tahun ajaran 2023/2024, sedangkan objek penelitian ini adalah LKPD matematika berbasis PMR berbentuan ICT pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D. Hasil penelitian menunjukkan (1) Validasi RPP 3,51 (valid), LKPD 3,58 (valid), dan tes kemampuan komunikasi matematis untuk pretest 3,39 (valid) dan posttest 3,44 (valid); (2) LKPD yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori praktis melalui hasil angket respon guru yang menunjukkan persentase sebesar 76,56%, dan hasil angket respon peserta didik menunjukkan persentase sebesar 79,77%. Hasil angket respon guru dan peserta didik dikategorikan sangat praktis; (3) LKPD yang dikembangkan sudah mmenuhi kriteria keefektifan ditinjau dari: a) peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 21 peserta didik dari total keseluruhan 24 peserta didik, dan persentasenya sebesar 87,50%; b) lebih dari 65% peserta didik mencapai 75% tujuan pembelajaran yang dirumuskan: c) nilai N-gain yang diperoleh adalah 0,47 berada dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: LKPD, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Komunikasi Matematis, ICT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Jan 2025 06:41
Last Modified: 20 Jan 2025 06:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59059

Actions (login required)

View Item
View Item