PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMA

Putri, Ananda Anugrah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191121017_Cover.pdf] Text
4191121017_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4191121017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191121017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of 4191121017_Abstrak.pdf] Text
4191121017_Abstrak.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 4191121017_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191121017_Kata_Pengantar.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 4191121017_Daftar_Isi.pdf] Text
4191121017_Daftar_Isi.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 4191121017_BAB_I.pdf] Text
4191121017_BAB_I.pdf

Download (748kB)
[thumbnail of 4191121017_BAB_V.pdf] Text
4191121017_BAB_V.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4191121017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191121017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (189kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bandar, Kabupaten Simalungun. Penelitian ini termasuk ke dalam kategori eksperimen semu (Quasi eksperimen) dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design yang merupakan bentuk desain penelitian yang melibatkan dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem based learning sedangkan pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berjumlah 4 butir soal dalam bentuk soal essay dengan skor maksimal sebesar 60. Berdasarkan hasil posttest, skor rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 49,36 dan skor rata-rata kelas kontrol yaitu 17,5. Berdasarkan hasil uji statistik, data terbukti berdistribusi normal dan homogen sehingga dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari uji-t menunjukkan bahwa dan dengan taraf signifikansi 0,05 yang artinya maka ditolak dan diterima. Sehingga disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran problem based leaning lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini berarti, terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.712 Put p
Keywords: Problem based learning; Pemecahan masalah matematis; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Jan 2025 03:12
Last Modified: 20 Jan 2025 03:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59053

Actions (login required)

View Item
View Item