Bangun, Titus Aribona (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Untuk Melihat Keefetivan Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171111054 COVER.pdf
Download (452kB)
2. NIM 4171111054 APPROVAL SHEET.pdf
Download (437kB)
3. NIM 4171111054 ABSTRACT.pdf
Download (381kB)
4. NIM 4171111054 PREFACE.pdf
Download (369kB)
5. NIM 4171111054 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (288kB)
6,. NIM 4171111054 ILLUSTRATION.pdf
Download (260kB)
7. NIM 4171111054 TABLES.pdf
Download (260kB)
8. NIM 4171111054 APPENDICES.pdf
Download (234kB)
9. NIM 4171111054 CHAPTER I.pdf
Download (648kB)
13. NIM 4171111054 CHAPTER V.pdf
Download (380kB)
14. NIM 4171111054 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (434kB)
Abstract
Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan karena sudah pesatmya perkembangan serta penggunaan teknologi khususnya dalam dunia pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran disekolah sehingga pembelajaran disekolah menjadi lebih efektif. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi kinemaster yang valid, efektif, serta praktis pada materi bangun ruang sisi datar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Developement, Implementation, evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Pancur Batu yang berjumlah 22 responden. Validasi media rata-ratanya sebesar 84,16% dengan kategori sangat layak. Rata-rata penilaian yang dilakukan oleh ahli materi yang terdapat pada media pembelajaran sebesar 91,32% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dilakukan para ahli mendapat rata-rata sebesar 89,85% dengan kategori sangat layak. Pada pretest rata-rata respondesn tidak tuntas walaupun ada beberapa respomden yang tuntas, dari 22 responden yang mengerjakan pretest hanya 5 responden yang tuntas dengan rata-rata sebesar 22,72% sedangkan yang tidak tuntas memiliki rata-rata sebesar 77,27%. Setelah menggunakan media pembelajaran berupa video pembelajaran selanjutnya diberikan postes dengan rata-rata respomden tuntas dari 22 responden yang mengerjakan postest 20 responden tuntas dan 2 responden yang tidak tuntas, dengan rata-rata responden yang tuntas sebesar 90,9% dan responden yan tidak tuntas sebesar 9,09%. Kepraktisan dilihat dari angket respon guru dan angket respon siswa terhadap media pembelajaran, kepratisan guru terhadap media pembelajaran sebesar 92% dan kepraktisan siswa terhadap media pembelajaran sebesar 81,06%. Berdasarkan keefetivan ketuntasan klasikal siswa mencapai 90,9% dengan kategori sangat efektif dan ketercapaian tujuan pembelajaran ≥ 75%., serta waktu pembelajara yang tidak melebih waktu pembelajaran biasanya. Maka diperoleh bahwa media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan aplikasi kinemaster pada materi bangun ruang sisi datar dikatakan sangat valid, praktis, serta efektiv digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-053 |
Keywords: | Pengembangan, Teknologi, Media, Kinemaster, Video Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 03:33 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59045 |