Daulay, Indra (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5114131003 COVER.pdf
Download (141kB)
2. NIM. 5114131003 APPROVAL SHEET.pdf
Download (585kB)
3. NIM. 5114131003 ABSTRACT.pdf
Download (71kB)
4. NIM. 5114131003 PREFACE.pdf
Download (304kB)
5. NIM. 5114131003 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (225kB)
6. NIM. 5114131003 TABLES.pdf
Download (128kB)
7. NIM. 5114131003 ILLUSTRATION.pdf
Download (175kB)
8. NIM. 5114131003 APPENDICES.pdf
Download (127kB)
9. NIM. 5114131003 CHAPTER I.pdf
Download (637kB)
13. NIM. 5114131003 CHAPTER V.pdf
Download (93kB)
14. NIM. 5114131003 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (94kB)
Abstract
Proses pembelajaran di lembaga pendidikan formal pada umumnya masih bersifat konvensional, begitupun di lingkungan sekolah-sekolah menengah atas seperti sekolah menengah kejuruan (SMK). Metode pembelajaran konvensional yang diterapkan guru dalam proses belajar mengajar tidak mampu menarik perhatian siswa, dengan metode ini guru cenderung tidak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Kurangnya motivasi dan perhatian siswa serta rendahnya prestasi belajar tersebut menunjukkan bahwa terjadi hambatan dalam proses pembelajaran yang menimbulkan terganggunya informasi yang seharusnya diterima oleh siswa. Untuk meningkatkan proses pembelajaran, maka guru dituntut untuk membuat pembelajaran menjadi lebih inovatif yang mendorong siswa dapat belajar secara optimal baik didalam belajar mandiri maupun didalam pembelajaran di kelas. Untuk melengkapi komponen belajar dan pembelajaran di sekolah, sudah seharusnya guru memanfaatkan media atau alat bantu yang mampu merangsang pembelajaran secara efektif dan efisien.
Penelitian ini secara umum merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar dan menguji kelayakan media pembelajaran interaktif yang dirancang sebagai media pembelajaran yang efektif bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D). Prosedur rancang bangun media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar yang dikemas dalam bentuk CD interaktif dilakukan dengan menggunakan model desain pengembangan sistem pendekatan Dick & Carey. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 1 kelas dan berjumlah 30 orang.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka hasil yang diperoleh dapat dilihat dari respon yang diberikan oleh ahli materi yang memiliki nilai rata-rata 4.82, ahli media yang terdiri dari 2 orang ahli yang memiliki nilai rata-rata 4.77, dan siswa sebagai pengguna utama memberikan nilai rata-rata keseluruhan 4.40. Maka kesimpulan yang diperoleh bahwa media pembelajaran yang dirancang dinyatakan sangat baik dan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2015-ELK-020 |
Keywords: | Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Teknik Elektronika Dasar, Penelitian dan Pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 09:19 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 09:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59037 |