Winaldi, Yogi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK DAN ELEMEN MESIN PADA SISWA KELAS X TEKNIKPERMESINAN SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113121046 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 5113121046 LEGIMANATION SHEET.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
3. NIM 5113121046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM 5113121046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
5. NIM 5113121046 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 5113121046 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM 5113121046 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 5113121046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
12. NIM 5113121046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
13. NIM 5113121046 REFRENCES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Masih rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran Mekanika Teknik Dan Elemen Mesin yang belum mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hal itu dapat dilihat dari nilai siswa pada tahun ajaran 2014/2015, dimana dari 31 orang hanya 19 orang yang dikategorikan lulus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang mendeskipsikan Gaya Dan Tegangan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) pada siswa kelas X Teknik Permesinan SMK Negeri 1 Stabat. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Teknik Permesinan SMK Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2015/2016, sementara sampelnya siswa Kelas X Teknik Permesinan yang berjumlah 36 siswa. Instrumentasi yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa berupa soal pilihan berganda dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Sebelum dilaksanakannya tindakan pada siklus I, siswa terlebih dahulu diberikan soal pretest untuk melihat kemampuan awal siswa. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 73,33 dengan ketuntasan klasikal 60,71% dan setelah dilakukannya perbaikan pada penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa menjadi 85,79 dengan ketuntasan klasikal 82,75%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar Mendeskripsikan Gaya Dan Tegangan mata pelajaran Mekanika Teknik Dan Elemen Mesin dari nilai tahun sebeleumnya dengan rata-rata nilai hasil belajar 71,29, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I, rata-rata nilai hasil belajar menjadi 73,33, dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,79.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 006 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Kooperatif, Tipe Team Assisted Individualization (TAI); Hasil Belajar; Mekanika Teknik ; Elemen Mesin. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 01:18 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 01:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5902 |