EFEK MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Lumban Gaol, Sudirman T.P. (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8136176044 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136176044 COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8136176044 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8136176044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8136176044 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8136176044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8136176044 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136176044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8136176044 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136176044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8136176044 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8136176044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8136176044 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8136176044 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8136176044 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8136176044 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8136176044 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8136176044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8136176044 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8136176044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8136176044 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8136176044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,32 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 38,09. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan model pembelajaran advance organizer menggunakan peta konsep sebesar 77,13 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 67,23. Begitu juga dengan hasil pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada kelas dengan model pembelajaran advance organizer menggunakan peta konsep diperoleh rata-rata 83,70 dengan kategori nilai B. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 12,81 > 1,67 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 66. Hal ini berarti terima Ha yang berarti ada pengaruh model pembelajaran advance organizer menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas X semester I SMA Santo Yoseph Medan T.P. 2014/2015.
Model pembelajaran advance organizer adalah model pmbelajaran yang dirancang untuk memperkuat struktur kognitif siswa, pengetahuan mereka tentang pelajaran tertentu dan bagaimana mengelola, memperjelas, dan memelihara pengetahuan tersebut dengan baik. Dengan kata lain, struktur kognitif harus sesuai dengan jenis pengetahuan dalam bidang apa yang ada dalam pikiran kita, seberapa banyak pengetahuan tersebut, dan bagaimana pengetahuan itu dikelola. Melalui model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa tersebut dalam pelajaran Fisika menggunakan peta konsep sehingga siswa tersebut dapat berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Santo Yoseph Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-3 dengan menggunakan model pembelajaran advance organizer menggunakan peta konsep dan kelas X-4 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran advance organizer.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Lum e
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran; Advance organizer; Aktivitas belajar; Pembelajaran langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Jun 2016 08:37
Last Modified: 20 Jun 2016 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5899

Actions (login required)

View Item
View Item