Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Webtoon Pada Tema 6 Subtema 2 Kelas V Sekolah Dasar.

LISA, NONA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Webtoon Pada Tema 6 Subtema 2 Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311049_Cover.pdf] Text
1193311049_Cover.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of 1193311049_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311049_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of 1193311049_Abstrak.pdf] Text
1193311049_Abstrak.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 1193311049_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311049_Kata_Pengantar.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 1193311049_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311049_Daftar_Isi.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 1193311049_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311049_Daftar_Gambar.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 1193311049_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311049_Daftar_Tabel.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of 1193311049_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311049_Daftar_Lampiran.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of 1193311049_BAB_I.pdf] Text
1193311049_BAB_I.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 1193311049_BAB_V.pdf] Text
1193311049_BAB_V.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 1193311049_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311049_Daftar_Pustaka.pdf

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini ditalar belakangi berdasarkan masalah yaitu, penggunaan media pembelajaran kurang efektif, masih berupa gambar yang diprint saja sehingga peserta didik merasa bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Efektivitas, dan Praktikalitas dari Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Webtoon dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD/MI Madinatussalam. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan model Thiagarajan (4-D) yang terdiri dari 4 langkah yaitu define, design, development, dan disseminate. Teknik penggumpulan data yaitu observasi, wawancara, skala, dan test. Teknik analisis data yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk Media Pembelajaran Komik Digital Berbaisi Webtoon Pada Tema 6 Subtema 2 Kelas V SD/MI Madinatussalam. Hasil analisis menandakan bahwa Media Produk ini telah divalidasi oleh ahli desain dan teknologi, dan materi media komik berbasis webtoon memperoleh hasil persentase 88,3% dan 86,25% dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan mendapatkan persentase dengan kategori sangat praktis sebesar 92,5% dan keefektifan mendapatkan beberapa hasil yaitu ketuntasan hasil hasil tes diperoleh 91% dengan kualifikasi sangat efektif. Dengan demikian, Media Pembelajran Komik Digital Berbasis Webtoon Pada Tema 6 Subtema 2 yang dihasilkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran serta mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Komik Digital; Webtoon; Model (4-D).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:40
Last Modified: 09 Jan 2025 04:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58987

Actions (login required)

View Item
View Item