LISA, NONA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Webtoon Pada Tema 6 Subtema 2 Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193311049_Cover.pdf
Download (19kB)
1193311049_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (680kB)
1193311049_Abstrak.pdf
Download (12kB)
1193311049_Kata_Pengantar.pdf
Download (219kB)
1193311049_Daftar_Isi.pdf
Download (13kB)
1193311049_Daftar_Gambar.pdf
Download (6kB)
1193311049_Daftar_Tabel.pdf
Download (8kB)
1193311049_Daftar_Lampiran.pdf
Download (5kB)
1193311049_BAB_I.pdf
Download (432kB)
1193311049_BAB_V.pdf
Download (207kB)
1193311049_Daftar_Pustaka.pdf
Download (14kB)
Abstract
Penelitian ini ditalar belakangi berdasarkan masalah yaitu, penggunaan media pembelajaran kurang efektif, masih berupa gambar yang diprint saja sehingga peserta didik merasa bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Efektivitas, dan Praktikalitas dari Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Webtoon dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD/MI Madinatussalam. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan model Thiagarajan (4-D) yang terdiri dari 4 langkah yaitu define, design, development, dan disseminate. Teknik penggumpulan data yaitu observasi, wawancara, skala, dan test. Teknik analisis data yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk Media Pembelajaran Komik Digital Berbaisi Webtoon Pada Tema 6 Subtema 2 Kelas V SD/MI Madinatussalam. Hasil analisis menandakan bahwa Media Produk ini telah divalidasi oleh ahli desain dan teknologi, dan materi media komik berbasis webtoon memperoleh hasil persentase 88,3% dan 86,25% dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan mendapatkan persentase dengan kategori sangat praktis sebesar 92,5% dan keefektifan mendapatkan beberapa hasil yaitu ketuntasan hasil hasil tes diperoleh 91% dengan kualifikasi sangat efektif. Dengan demikian, Media Pembelajran Komik Digital Berbasis Webtoon Pada Tema 6 Subtema 2 yang dihasilkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran serta mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran; Komik Digital; Webtoon; Model (4-D). |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:40 |
| Last Modified: | 09 Jan 2025 04:40 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58987 |
