ABDIAN, NENI (2023) Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi “The Elephant is The Biggest” di Kelas V SDN 104201 Kolam T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111032_Cover.pdf
Download (177kB)
1193111032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (699kB)
1193111032_Abstrak.pdf
Download (217kB)
1193111032_Kata_Pengantar.pdf
Download (228kB)
1193111032_Daftar_Isi.pdf
Download (93kB)
1193111032_Daftar_Gambar.pdf
Download (82kB)
1193111032_Daftar_Tabel.pdf
Download (82kB)
1193111032_Daftar_Lampiran.pdf
Download (83kB)
1193111032_BAB_I.pdf
Download (286kB)
1193111032_BAB_V.pdf
Download (156kB)
1193111032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (223kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris materi “The Elephant is The Biggest” di kelas V SDN 104201 Kolam T.A 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan dalam pembelajaran bahasa Inggris materi “The Elephant is The Biggest” di kelas V SDN 104201 Kolam dan untuk menganalisi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar tersebut terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini meliputi siswa kelas V yang terbagi menjadi 3 kelas dan masing-masing diambil 5 orang siswa, sehingga sampel penelitian berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan adanya kesulitan belajar siswa dalam materi “The Elephant is The Biggest” yaitu siswa (1) kesulitan ketika melafalkan kata dan kalimat tentang adjective superlative, (2) kesulitan ketika menuliskan jawaban pertanyaan tentang adjective superlative, (3) kesulitan ketika menyusun kata menjadi kalimat tentang adjective superlative, (4) kesulitan ketika mengamati dan menulis laporan tentang ciri-ciri yang ada pada teman sekelas berkaitan dengan adjective superlative, dan (6) kesulitan ketika melengkapi kalimat rumpang tentang adjective superlative. Kesulitan belajar ini disebabkan beberapa faktor diantaranya (1) sikap belajar siswa, (2) motivasi belajar siswa, (3) konsentrasi belajar siswa, (4) rasa percaya diri, (5) intelegensia, dan kebiasaan belajar siswa, (6) guru, (7) sarana dan prasarana sekolah, (8) lingkungan sosial di sekolah, (9) teman sekelas, dan (10) lingkungan keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis; Kesulitan Belajar; Bahasa Inggris materi “The Elephant is The Biggest” |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 01:28 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58977 |