Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi “The Elephant is The Biggest” di Kelas V SDN 104201 Kolam T.A 2022/2023.

ABDIAN, NENI (2023) Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi “The Elephant is The Biggest” di Kelas V SDN 104201 Kolam T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111032_Cover.pdf] Text
1193111032_Cover.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 1193111032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (699kB)
[thumbnail of 1193111032_Abstrak.pdf] Text
1193111032_Abstrak.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 1193111032_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111032_Kata_Pengantar.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 1193111032_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111032_Daftar_Isi.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 1193111032_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111032_Daftar_Gambar.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1193111032_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111032_Daftar_Tabel.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1193111032_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111032_Daftar_Lampiran.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 1193111032_BAB_I.pdf] Text
1193111032_BAB_I.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 1193111032_BAB_V.pdf] Text
1193111032_BAB_V.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 1193111032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (223kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris materi “The Elephant is The Biggest” di kelas V SDN 104201 Kolam T.A 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan dalam pembelajaran bahasa Inggris materi “The Elephant is The Biggest” di kelas V SDN 104201 Kolam dan untuk menganalisi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar tersebut terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini meliputi siswa kelas V yang terbagi menjadi 3 kelas dan masing-masing diambil 5 orang siswa, sehingga sampel penelitian berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan adanya kesulitan belajar siswa dalam materi “The Elephant is The Biggest” yaitu siswa (1) kesulitan ketika melafalkan kata dan kalimat tentang adjective superlative, (2) kesulitan ketika menuliskan jawaban pertanyaan tentang adjective superlative, (3) kesulitan ketika menyusun kata menjadi kalimat tentang adjective superlative, (4) kesulitan ketika mengamati dan menulis laporan tentang ciri-ciri yang ada pada teman sekelas berkaitan dengan adjective superlative, dan (6) kesulitan ketika melengkapi kalimat rumpang tentang adjective superlative. Kesulitan belajar ini disebabkan beberapa faktor diantaranya (1) sikap belajar siswa, (2) motivasi belajar siswa, (3) konsentrasi belajar siswa, (4) rasa percaya diri, (5) intelegensia, dan kebiasaan belajar siswa, (6) guru, (7) sarana dan prasarana sekolah, (8) lingkungan sosial di sekolah, (9) teman sekelas, dan (10) lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis; Kesulitan Belajar; Bahasa Inggris materi “The Elephant is The Biggest”
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:28
Last Modified: 28 Aug 2024 01:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58977

Actions (login required)

View Item
View Item