SIRAIT, MEI DINA (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Swasta Gracia Sustain Medan Kota T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111021_Cover.pdf
Download (128kB)
1193111021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (744kB)
1193111021_Abstrak.pdf
Download (440kB)
1193111021_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
1193111021_Daftar_Isi.pdf
Download (985kB)
1193111021_Daftar_Gambar.pdf
Download (221kB)
1193111021_Daftar_Tabel.pdf
Download (222kB)
1193111021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (221kB)
1193111021_BAB_I.pdf
Download (1MB)
1193111021_BAB_V.pdf
Download (437kB)
1193111021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (438kB)
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran card sort
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Swasta Gracia Sustain Medan
Kota T.A 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi
Eksperimental dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Desain. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas IV-C dan IV-D yang bejumlah 40 orang.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes hasil belajar. Tes belajar matematika menggunakan bentuk soal
pilihan berganda sebanyak 20 soal yang sudah terlebih dahulu di uji validitas,
reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Teknik analisis yang
digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan
menggunakan bantuan program SPS 22 for Windows. Berdasarkan analisis uji
perbandingan diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 27,75 dan
kelas kontrol 27. Dan dapat diperoleh selisih rata-rata pretest kelas eksperimen dan
kontrol adalah 0,75 Sementara perolehan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen
diperoleh 77,50 dan kelas kontrol adalah 70. Dan dapat diperoleh selisih rata-rata
posttest kelas eksperimen dan kontrol adalah 7,5. Berdasarkan selisih antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol maka dapat disimpulkan penggunaan model
pembelajaran card sort lebih unggul dalam meningkatkan hasil belajar matematika
siswa. Kemudian berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% dengan
nilai sig. (2 tailed) yaitu 0,00 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (p<0,05), maka Ho
ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran card sort terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD
Swasta Gracia Sustain Medan Kota T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Card Sort; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:34 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58960 |