Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Swasta Gracia Sustain Medan Kota T.A 2022/2023.

SIRAIT, MEI DINA (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Swasta Gracia Sustain Medan Kota T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111021_Cover.pdf] Text
1193111021_Cover.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 1193111021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (744kB)
[thumbnail of 1193111021_Abstrak.pdf] Text
1193111021_Abstrak.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of 1193111021_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111021_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193111021_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111021_Daftar_Isi.pdf

Download (985kB)
[thumbnail of 1193111021_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111021_Daftar_Gambar.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 1193111021_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111021_Daftar_Tabel.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 1193111021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 1193111021_BAB_I.pdf] Text
1193111021_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193111021_BAB_V.pdf] Text
1193111021_BAB_V.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 1193111021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran card sort
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Swasta Gracia Sustain Medan
Kota T.A 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi
Eksperimental dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Desain. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas IV-C dan IV-D yang bejumlah 40 orang.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes hasil belajar. Tes belajar matematika menggunakan bentuk soal
pilihan berganda sebanyak 20 soal yang sudah terlebih dahulu di uji validitas,
reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Teknik analisis yang
digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan
menggunakan bantuan program SPS 22 for Windows. Berdasarkan analisis uji
perbandingan diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 27,75 dan
kelas kontrol 27. Dan dapat diperoleh selisih rata-rata pretest kelas eksperimen dan
kontrol adalah 0,75 Sementara perolehan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen
diperoleh 77,50 dan kelas kontrol adalah 70. Dan dapat diperoleh selisih rata-rata
posttest kelas eksperimen dan kontrol adalah 7,5. Berdasarkan selisih antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol maka dapat disimpulkan penggunaan model
pembelajaran card sort lebih unggul dalam meningkatkan hasil belajar matematika
siswa. Kemudian berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% dengan
nilai sig. (2 tailed) yaitu 0,00 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (p<0,05), maka Ho
ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran card sort terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD
Swasta Gracia Sustain Medan Kota T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran; Card Sort; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:34
Last Modified: 09 Jan 2025 04:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58960

Actions (login required)

View Item
View Item