HERZEGOVINA, LUSITANIA (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 9 Subtema 3 SDN 107418 Bangun Sari Baru T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311004_Cover.pdf
Download (13kB)
1193311004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (322kB)
1193311004_Abstrak.pdf
Download (331kB)
1193311004_Kata_Pengantar.pdf
Download (360kB)
1193311004_Daftar_Isi.pdf
Download (404kB)
1193311004_Daftar_Gambar.pdf
Download (393kB)
1193311004_Daftar_Tabel.pdf
Download (210kB)
1193311004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (210kB)
1193311004_BAB_I.pdf
Download (447kB)
1193311004_BAB_V.pdf
Download (213kB)
1193311004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (432kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas kelayakan,praktikalitas dan
keefektifan penggunaan E-Modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada
pembelajaran tematik kelas V Tema 9 Subtema 3 SDN 107418 Bangun Sari Baru.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu R&D (Research and
Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri
dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation.
Dalam Penelitian ini produk yang dikembangkan ialah E-Modul berbasis Problem
Based Learning (PBL). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik jelas V
SDN 107418 Bangun Sari Baru yang berjumlah 22 siswa. Objek pada penelitian
ini terdiri dari ahli materi,ahli desain dan guru kelas. Instrumen yang digunakan
pada penelitian ini yaitu wawancara, angket dan tes. Soal tes yang digunakan
yaitu pre-test dan post-test. Hasil pre-test mendapatkan nilai rata-rata 66,27
dengan kriteria “Kurang Cukup” dan niali post-test mendapatkan nilai rata-rata 87
“Baik Sekali” dari hasil tersebut terjadi peningkatan. Melalui perolehan nilai posttest
semua siswa tuntas melewati kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata diperoleh dari validasi ahli
desain E-Modul sebesar 96% dengan persentase “Sangat Layak”, Validasi ahli
materi sebesar 91% dengan persentase “Sangat Layak”. Hasil uji praktikalitas
oleh praktisi pendidkan memperoleh hasil sebesar 96% “sangat baik” dengan
kriteria ketuntasan “Tuntas”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa EModul
berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran tematik kelas V
Tema 9 Subtema 3 dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul; Problem Based Learning,Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:33 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58958 |