Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 9 Subtema 3 SDN 107418 Bangun Sari Baru T.A 2022/2023

HERZEGOVINA, LUSITANIA (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 9 Subtema 3 SDN 107418 Bangun Sari Baru T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311004_Cover.pdf] Text
1193311004_Cover.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 1193311004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 1193311004_Abstrak.pdf] Text
1193311004_Abstrak.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 1193311004_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311004_Kata_Pengantar.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 1193311004_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311004_Daftar_Isi.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 1193311004_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311004_Daftar_Gambar.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 1193311004_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311004_Daftar_Tabel.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1193311004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1193311004_BAB_I.pdf] Text
1193311004_BAB_I.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 1193311004_BAB_V.pdf] Text
1193311004_BAB_V.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1193311004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas kelayakan,praktikalitas dan
keefektifan penggunaan E-Modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada
pembelajaran tematik kelas V Tema 9 Subtema 3 SDN 107418 Bangun Sari Baru.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu R&D (Research and
Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri
dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation.
Dalam Penelitian ini produk yang dikembangkan ialah E-Modul berbasis Problem
Based Learning (PBL). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik jelas V
SDN 107418 Bangun Sari Baru yang berjumlah 22 siswa. Objek pada penelitian
ini terdiri dari ahli materi,ahli desain dan guru kelas. Instrumen yang digunakan
pada penelitian ini yaitu wawancara, angket dan tes. Soal tes yang digunakan
yaitu pre-test dan post-test. Hasil pre-test mendapatkan nilai rata-rata 66,27
dengan kriteria “Kurang Cukup” dan niali post-test mendapatkan nilai rata-rata 87
“Baik Sekali” dari hasil tersebut terjadi peningkatan. Melalui perolehan nilai posttest
semua siswa tuntas melewati kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata diperoleh dari validasi ahli
desain E-Modul sebesar 96% dengan persentase “Sangat Layak”, Validasi ahli
materi sebesar 91% dengan persentase “Sangat Layak”. Hasil uji praktikalitas
oleh praktisi pendidkan memperoleh hasil sebesar 96% “sangat baik” dengan
kriteria ketuntasan “Tuntas”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa EModul
berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran tematik kelas V
Tema 9 Subtema 3 dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul; Problem Based Learning,Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:33
Last Modified: 09 Jan 2025 04:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58958

Actions (login required)

View Item
View Item