Pengaruh Media Pembelajaran Bagan Pohon dan Papan Pintar Cuaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Subtema 2 di Kelas III SDN 173292 Butar T.A 2022/2023

SIGALINGGING, LADI LADITA (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Bagan Pohon dan Papan Pintar Cuaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Subtema 2 di Kelas III SDN 173292 Butar T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1191111036_Cover.pdf] Text
1191111036_Cover.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1191111036_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111036_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1191111036_Abstrak.pdf] Text
1191111036_Abstrak.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1191111036_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111036_Kata_Pengantar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1191111036_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111036_Daftar_Isi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1191111036_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111036_Daftar_Gambar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1191111036_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111036_Daftar_Tabel.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1191111036_BAB_I.pdf] Text
1191111036_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1191111036_BAB_V.pdf] Text
1191111036_BAB_V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1191111036_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111036_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas III yang rendah di SD
Negeri 173292 Butar T.A 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh hasil belajar siswa dengan penggunaan media pembelajaran Bagan Pohon
dan Papan Pintar pada Tema 5 Subtema 2 Perubahan Cuaca. Kelas III SD Negeri
1733292 Butar T.A 2022/2023.Lokasi Penelitian dilaksanakan di SD Negeri
1733292 Butar. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri
1733292 Butar, yang terdiri dari 2 kelas yaitu: Kelas IIIA (Kelas eksperimen 1) dan
kelas IIIB (Kelas eksperimen 2). Kelas III A dengan jumlah siswa sebanyak 20
siswa dan kelas IIIB dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan sampel dengan
Total Sampling yaitu pemilihan sampel dimana seluruh populasi dipilih sebagai
sampel. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Non
Equivalent Multiple Group Design dan data kuantitaif. Alat pengumpul data yang
digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dengan jumlah
25 soal yang telah diuji Validasi dan Reliabilitasnya. Dari analisis data dengan
sampel 20 siswa pada kelas eksperimen 1 dan 20 siswa pada kelas eksperimen 2
diperoleh rata-rata kelas eksperimen 1 pada Pre-Test 41 dan Post-Test 82
sedangkan pada kelas eksperimen 2 pada Pre-Test 41,4 dan Post-Test 78,4. Pada
taraf signifikan ꭤ=0,05. Kedua kelas berditribusi normal karena Lo<Lt yaitu
0,116<0,190 (kelas eksperimen 1) dan 0,176 (kelas eksperimen 2). Uji homogenitas
pada Post-Test kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan Fhitung<Ftabel yaitu
1,68<2,17. Dilakukan uji t pada taraf nyata ꭤ=0,05 bahwa thitung>ttabel yaitu
1,874>1,685. Penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari
media pembelajaran Bagan Pohon dan Papan Pintar pada Tema 5 Subtema 2
Perubahan Cuaca. Kelas III SD Negeri 1733292 Butar T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Media Pembelajaran Bagan Pohon dan Papan Pintar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:32
Last Modified: 09 Jan 2025 04:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58950

Actions (login required)

View Item
View Item