SIGALINGGING, LADI LADITA (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Bagan Pohon dan Papan Pintar Cuaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Subtema 2 di Kelas III SDN 173292 Butar T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1191111036_Cover.pdf
Download (2MB)
1191111036_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
1191111036_Abstrak.pdf
Download (2MB)
1191111036_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
1191111036_Daftar_Isi.pdf
Download (2MB)
1191111036_Daftar_Gambar.pdf
Download (2MB)
1191111036_Daftar_Tabel.pdf
Download (2MB)
1191111036_BAB_I.pdf
Download (2MB)
1191111036_BAB_V.pdf
Download (2MB)
1191111036_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas III yang rendah di SD
Negeri 173292 Butar T.A 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh hasil belajar siswa dengan penggunaan media pembelajaran Bagan Pohon
dan Papan Pintar pada Tema 5 Subtema 2 Perubahan Cuaca. Kelas III SD Negeri
1733292 Butar T.A 2022/2023.Lokasi Penelitian dilaksanakan di SD Negeri
1733292 Butar. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri
1733292 Butar, yang terdiri dari 2 kelas yaitu: Kelas IIIA (Kelas eksperimen 1) dan
kelas IIIB (Kelas eksperimen 2). Kelas III A dengan jumlah siswa sebanyak 20
siswa dan kelas IIIB dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan sampel dengan
Total Sampling yaitu pemilihan sampel dimana seluruh populasi dipilih sebagai
sampel. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Non
Equivalent Multiple Group Design dan data kuantitaif. Alat pengumpul data yang
digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dengan jumlah
25 soal yang telah diuji Validasi dan Reliabilitasnya. Dari analisis data dengan
sampel 20 siswa pada kelas eksperimen 1 dan 20 siswa pada kelas eksperimen 2
diperoleh rata-rata kelas eksperimen 1 pada Pre-Test 41 dan Post-Test 82
sedangkan pada kelas eksperimen 2 pada Pre-Test 41,4 dan Post-Test 78,4. Pada
taraf signifikan ꭤ=0,05. Kedua kelas berditribusi normal karena Lo<Lt yaitu
0,116<0,190 (kelas eksperimen 1) dan 0,176 (kelas eksperimen 2). Uji homogenitas
pada Post-Test kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan Fhitung<Ftabel yaitu
1,68<2,17. Dilakukan uji t pada taraf nyata ꭤ=0,05 bahwa thitung>ttabel yaitu
1,874>1,685. Penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari
media pembelajaran Bagan Pohon dan Papan Pintar pada Tema 5 Subtema 2
Perubahan Cuaca. Kelas III SD Negeri 1733292 Butar T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Media Pembelajaran Bagan Pohon dan Papan Pintar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:32 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58950 |