Pengembangan Video Pembelajaran Animasi 3D Berbasis Zepeto & Kinemaster Materi Bilangan Pecahan di Kelas IV SD Negeri 091326 Bahapal Raya.

SIRAIT, JESSICA STEPHANY (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Animasi 3D Berbasis Zepeto & Kinemaster Materi Bilangan Pecahan di Kelas IV SD Negeri 091326 Bahapal Raya. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192411005_Cover.pdf] Text
1192411005_Cover.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 1192411005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192411005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 1192411005_Abstrak.pdf] Text
1192411005_Abstrak.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 1192411005_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192411005_Kata_Pengantar.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 1192411005_Daftar_Isi.pdf] Text
1192411005_Daftar_Isi.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 1192411005_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192411005_Daftar_Gambar.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1192411005_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192411005_Daftar_Tabel.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 1192411005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192411005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 1192411005_BAB_I.pdf] Text
1192411005_BAB_I.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 1192411005_BAB_V.pdf] Text
1192411005_BAB_V.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 1192411005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192411005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (222kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini ialah kurangnya ketersediaan media pembelajaran di
kelas IV SD Negeri 091326 Bahapal Raya, serta media pembelajaran yang
digunakan belum sesuai dengan perkembangan IPTEK. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui kelayakan, praktikalitas, dan efektivitas Video
Pembelajaran Animasi 3D berbasis Zepeto dan Kinemaster Materi Bilangan
Pecahan di Kelas IV SD Negeri 091326 Bahapal Raya. Penelitian dan
pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation and Evaluation) dengan subjek penelitian
siswa kelas IV SD Negeri 091326 Bahapal Raya. Hasil penelitian pengembangan
ini berupa media pembelajaran yang layak dan efektif untuk digunakan. Hal
tersebut sesuai dengan penilaian akhir dari seluruh validator terhadap media
pembelajaran yang dikembangkan. Hasil akhir oleh ahli materi adalah 87% atau
dalam kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya hasil akhir dari ahli media adalah
94% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Kemudian hasil akhir yang
diperoleh dari guru kelas IV sebesar 87% dan termasuk dalam kategori “Sangat
Layak”. Kemudian berdasarkan hasil pre-test dan post-test diperoleh peningkatan
hasil belajar siswa dengan pencapaian KKM. Berdasarkan uji coba tersebut dilihat
peningkatan hasil belajar dari masing-masing peserta didik sebelum dan setelah
menggunakan media pembelajaran video animasi 3D berbasis Zepeto dan
Kinemaster. Sebelum menggunakan media pembelajaran video animasi 3D
berbasis Zepeto dan Kinemaster nilai rata-rata siswa sebesar 51,05 dengan
kategori “Kurang” dan kriteria ketuntasan “Tidak Tuntas”. Namun setelah
menggunakan media pembelajaran video animasi 3D berbasis Zepeto dan
Kinemaster nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,74 dengan kategori
“Sangat Baik” dan kriteria ketuntasan “Tuntas”. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa Video Pembelajaran Animasi 3D Berbasis Zepeto dan Kinemaster Materi
Bilangan Pecahan di Kelas IV SD Negeri 091326 Bahapal Raya dapat
dikembangkan dan layak serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Video Animasi 3D; Zepeto & Kinemaster
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:30
Last Modified: 09 Jan 2025 04:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58939

Actions (login required)

View Item
View Item