Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe concept song berbasis lagu anak terhadap daya ingat siswa kelas IV SD Negeri 101771 Percut Sei Tuan T.A 2023/2024.

BR MUNTHE, FITRIANI YOSEVINA (2023) Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe concept song berbasis lagu anak terhadap daya ingat siswa kelas IV SD Negeri 101771 Percut Sei Tuan T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311135_Cover.pdf] Text
1193311135_Cover.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 1193311135_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311135_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193311135_Abstrak.pdf] Text
1193311135_Abstrak.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 1193311135_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311135_Kata_Pengantar.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of 1193311135_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311135_Daftar_Isi.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 1193311135_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311135_Daftar_Gambar.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1193311135_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311135_Daftar_Tabel.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 1193311135_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311135_Daftar_Lampiran.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 1193311135_BAB_I.pdf] Text
1193311135_BAB_I.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 1193311135_BAB_V.pdf] Text
1193311135_BAB_V.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 1193311135_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311135_Daftar_Pustaka.pdf

Download (153kB)

Abstract

Kurangnya penggunaan model pembelajaran di kelas, hal ini menyebabkan proses belajar mengajar kurang efektif. Siswa hanya sebatas mendengarkan dan mencatat apa yang diberikan guru, terbukti dari kurangnya daya ingat siswa terhadap pembelajaran yang telah diajarkan. Untuk mengatasi kurangnya daya ingat siswa terhadap pembelajaran yang diajarkan, maka diberikan solusi untuk menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Song berbasis lagu anak, dimana model pembelajaran ini megajak siswa untuk belajar sambal bernyanyi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Song Berbasis Lagu Anak Terhadap Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Kelas IV SD Negeri 101771 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini desain quasi eksperimen bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Song Berbasi Lagu Anak memberikan dampak positif bagi siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata awal yaitu 45,4 setelah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran Kooperatif tipe concept song menjadi 86,6. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil uji hipotesis yang diperoleh dengan uji-t dengan taraf sighifikan 0,05 yang kemudian akan dibandingkan antara thitung dengan ttabel. Apabila thitung < ttabel Ho diterima, sedangkan jika thitung > ttabel Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,0441 > 2,0166 . sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti hipotesis diterima, maka hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Song berbasis lagu anak di kelas IV SD Negeri 101771 Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Daya Ingat Siswa; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Song
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:27
Last Modified: 09 Jan 2025 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58927

Actions (login required)

View Item
View Item