BR MUNTHE, FITRIANI YOSEVINA (2023) Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe concept song berbasis lagu anak terhadap daya ingat siswa kelas IV SD Negeri 101771 Percut Sei Tuan T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311135_Cover.pdf
Download (240kB)
1193311135_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1193311135_Abstrak.pdf
Download (163kB)
1193311135_Kata_Pengantar.pdf
Download (584kB)
1193311135_Daftar_Isi.pdf
Download (131kB)
1193311135_Daftar_Gambar.pdf
Download (121kB)
1193311135_Daftar_Tabel.pdf
Download (123kB)
1193311135_Daftar_Lampiran.pdf
Download (123kB)
1193311135_BAB_I.pdf
Download (224kB)
1193311135_BAB_V.pdf
Download (159kB)
1193311135_Daftar_Pustaka.pdf
Download (153kB)
Abstract
Kurangnya penggunaan model pembelajaran di kelas, hal ini menyebabkan proses belajar mengajar kurang efektif. Siswa hanya sebatas mendengarkan dan mencatat apa yang diberikan guru, terbukti dari kurangnya daya ingat siswa terhadap pembelajaran yang telah diajarkan. Untuk mengatasi kurangnya daya ingat siswa terhadap pembelajaran yang diajarkan, maka diberikan solusi untuk menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Song berbasis lagu anak, dimana model pembelajaran ini megajak siswa untuk belajar sambal bernyanyi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Song Berbasis Lagu Anak Terhadap Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Kelas IV SD Negeri 101771 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini desain quasi eksperimen bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Song Berbasi Lagu Anak memberikan dampak positif bagi siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata awal yaitu 45,4 setelah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran Kooperatif tipe concept song menjadi 86,6. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil uji hipotesis yang diperoleh dengan uji-t dengan taraf sighifikan 0,05 yang kemudian akan dibandingkan antara thitung dengan ttabel. Apabila thitung < ttabel Ho diterima, sedangkan jika thitung > ttabel Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,0441 > 2,0166 . sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti hipotesis diterima, maka hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Song berbasis lagu anak di kelas IV SD Negeri 101771 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Daya Ingat Siswa; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Song |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:27 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58927 |