AZZAHRA, FATHIYA (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Pogil Terhadap Hasil Belajar Tema 1 Sub Tema 1 Kelas IV SD N 106161 Laut Dendang T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311121_Cover.pdf
Download (64kB)
1193311121_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1193311121_Abstrak.pdf
Download (249kB)
1193311121_Kata_Pengantar.pdf
Download (635kB)
1193311121_Daftar_Isi.pdf
Download (332kB)
1193311121_Daftar_Gambar.pdf
Download (134kB)
1193311121_Daftar_Tabel.pdf
Download (135kB)
1193311121_Daftar_Lampiran.pdf
Download (135kB)
1193311121_BAB_I.pdf
Download (384kB)
1193311121_BAB_V.pdf
Download (162kB)
1193311121_Daftar_Pustaka.pdf
Download (281kB)
Abstract
Penelelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Model
Pembelajaran Pogil Terhadap Hasil Belajar Tema 1 Sub Tema 1 Kelas IV SD N
106161 Laut Dendang T.A 2023/2024. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas Negeri Medan, 2023. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen
dengan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IV SD N 106161 Laut Dendang yang berjumlah 50 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dengan tes pilihan berganda sebanyak 20 butir
soal, dimana sebelumnya sudah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas
dan reabilitas, kemudian teknik pengumpulan data selain tes ada observasi dan
angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 106161
Laut Dandang sebanyak 2 kelas yang berjumlah 50 orang. Prosedur penelitian ini
dilaksanakan melalui persiapan ppenelitian, menyususn RPP, melaksanakan pretest,
melaksanakan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran POGIL
dan NHT, kemudian melaksanakan post-test. Teknik analisis data yang digunkan
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji hipotesis. Dari analisis data diperoleh rata-rata pre-test kelas A yaitu (34,6)
dan kelas B (34, 2) sedangkan post-test kelas A (71,6) dan post-test kelas B (80,8).
Pada taraf signifikansi (α=0,05). Uji t dilakukan pada taraf signifikansi (α=0,05)
hasil uji t sebesar 0,002 sehingga dapat dibuktikan bahwa “Adanya pengaruh model
pembelajaran POGIL pada tema 1 subtema 1 terhadap hasil belajar siswa kelas IV
di SD N 106161 Laut Dendang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model POGIL; Model NHT; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:26 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58923 |