Pengaruh Model Pembelajaran Pogil Terhadap Hasil Belajar Tema 1 Sub Tema 1 Kelas IV SD N 106161 Laut Dendang T.A 2023/2024.

AZZAHRA, FATHIYA (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Pogil Terhadap Hasil Belajar Tema 1 Sub Tema 1 Kelas IV SD N 106161 Laut Dendang T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311121_Cover.pdf] Text
1193311121_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1193311121_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311121_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193311121_Abstrak.pdf] Text
1193311121_Abstrak.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 1193311121_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311121_Kata_Pengantar.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of 1193311121_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311121_Daftar_Isi.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 1193311121_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311121_Daftar_Gambar.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 1193311121_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311121_Daftar_Tabel.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 1193311121_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311121_Daftar_Lampiran.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 1193311121_BAB_I.pdf] Text
1193311121_BAB_I.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 1193311121_BAB_V.pdf] Text
1193311121_BAB_V.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 1193311121_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311121_Daftar_Pustaka.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Model
Pembelajaran Pogil Terhadap Hasil Belajar Tema 1 Sub Tema 1 Kelas IV SD N
106161 Laut Dendang T.A 2023/2024. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas Negeri Medan, 2023. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen
dengan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IV SD N 106161 Laut Dendang yang berjumlah 50 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dengan tes pilihan berganda sebanyak 20 butir
soal, dimana sebelumnya sudah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas
dan reabilitas, kemudian teknik pengumpulan data selain tes ada observasi dan
angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 106161
Laut Dandang sebanyak 2 kelas yang berjumlah 50 orang. Prosedur penelitian ini
dilaksanakan melalui persiapan ppenelitian, menyususn RPP, melaksanakan pretest,
melaksanakan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran POGIL
dan NHT, kemudian melaksanakan post-test. Teknik analisis data yang digunkan
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji hipotesis. Dari analisis data diperoleh rata-rata pre-test kelas A yaitu (34,6)
dan kelas B (34, 2) sedangkan post-test kelas A (71,6) dan post-test kelas B (80,8).
Pada taraf signifikansi (α=0,05). Uji t dilakukan pada taraf signifikansi (α=0,05)
hasil uji t sebesar 0,002 sehingga dapat dibuktikan bahwa “Adanya pengaruh model
pembelajaran POGIL pada tema 1 subtema 1 terhadap hasil belajar siswa kelas IV
di SD N 106161 Laut Dendang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model POGIL; Model NHT; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:26
Last Modified: 09 Jan 2025 04:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58923

Actions (login required)

View Item
View Item