Pengaruh Penerapan Lattice Multiplication Method Untuk Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Perkalian Bilangan Desimal Di Kelas V T.A 2022/2023

RIZKADILIA, FAIRUZ FAJRA (2023) Pengaruh Penerapan Lattice Multiplication Method Untuk Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Perkalian Bilangan Desimal Di Kelas V T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311015_Cover.pdf] Text
1193311015_Cover.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 1193311015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 1193311015_Abstrak.pdf] Text
1193311015_Abstrak.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 1193311015_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311015_Kata_Pengantar.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 1193311015_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311015_Daftar_Isi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 1193311015_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311015_Daftar_Gambar.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 1193311015_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311015_Daftar_Tabel.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 1193311015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 1193311015_BAB_I.pdf] Text
1193311015_BAB_I.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 1193311015_BAB_V.pdf] Text
1193311015_BAB_V.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 1193311015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan lattice
multiplication method untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan
operasi perkalian bilangan desimal di kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan
desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah
siswa kelas VA dan VB SDN 105300 Suka Makmur yang berjumlah 55 siswa.
Sampel yang digunakan adalah total sampel yaitu VA 30 siswa kelas eksperimen
dan VB 25 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
Teknik tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat
pengaruh penerapan metode lattice untuk mengatasi kesulitan siswa dalam
menyelesaikan operasi perkalian bilangan desimal di kelas V T.A 2022/2023. Hal
ini terlihat dari perbedaan hasil nilai rata-rata post-tes kelas eksperimen yaitu 82,3
dan kelas kontrol 73,32. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis yang diperoleh nilai
signifikan yaitu 0,05 yaitu t hitung < t tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal
ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas
eksperimen yang menggunakan metode lattice dan kelas kontrol yang
menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lattice Multiplication Method; Perkalian Bilangan Desimal; Kesulitan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:26
Last Modified: 09 Jan 2025 04:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58921

Actions (login required)

View Item
View Item