Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 1 Kelas III SDN 060874 Medan Perjuangan T.A 2023/2024

SANI, ERIKA (2023) Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 1 Kelas III SDN 060874 Medan Perjuangan T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111007_Cover.pdf] Text
1193111007_Cover.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1193111007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of 1193111007_Abstrak.pdf] Text
1193111007_Abstrak.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 1193111007_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111007_Kata_Pengantar.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 1193111007_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111007_Daftar_Isi.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 1193111007_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111007_Daftar_Gambar.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 1193111007_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111007_Daftar_Tabel.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 1193111007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 1193111007_BAB_I.pdf] Text
1193111007_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193111007_BAB_V.pdf] Text
1193111007_BAB_V.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 1193111007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variatif guru dalam menerapkan
metode pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa yang rendah dan
juga siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran pada Tema 1 Pertumbuhan dan
Perkembangan Mahkluk Hidup, Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup,
Pembelajaran ke-4 dikelas 3 SDN 060874 Medan Perjuangan T.A 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimen dengan desain penelitian One Group
Pretest-Posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa
kelas 3A yang berjumlah 22 siswa. Instrument dalam penelitian ini yakni
observasi (aktivitas siswa) serta test (pretest dan posttest) pilihan berganda 30
butir soal dan telah melaksanakan uji validasi soal sehingga menjadi 20 butir soal
yang layak digunakan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai sebelum pemberian perlakuan
metode outdoor study atau pretest 32,95 dan nilai setelah pemberian perlakuan
metode outdoor study atau posttest 85,21. Hasil uji-t menunjukkan sig 0,000 <
0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penerapan metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa
pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, Subtema 1 Ciri-
Ciri Mahkluk Hidup, di Kelas III SDN 060874 Medan Perjuangan T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Outdoor Study; Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:24
Last Modified: 09 Jan 2025 04:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58915

Actions (login required)

View Item
View Item