Ritonga, Ahmad Abdul Azizi (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA ANTARA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN TIPE SNOWBALL THROWING SISWA KELAS X SMK N 2 RANTAU UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
(1) COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
(2) SURAT PERNYATAAN, RIWAYAT HIDUP, PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (801kB) | Preview
(3) ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
(4) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
(5) DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
(6) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
(7) DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
(8) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
(9) BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
(13 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
(14) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan perbedaan hasil belajar pengukuran komponen elektronika siswa SMK antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan tipe Snowball Throwing. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK, sampel yang diteliti adalah SMK N 2 Rantau Utara yang diambil sebanyak 2 kelas, yang masing-masing terdiri dari 40 orang siswa. Satu kelas dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, sedangkan kelas lainnya dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Hasil belajar tersebut dari masing-masing kelas diukur dengan instrumen tes hasil belajar bentuk pilihan berganda sebanyak 30 item, yang memenuhi validitas dan reliabilitas dan tes keterampilan bentuk essay sebanyak 10 soal.
Data yang diperoleh yaitu rata-rata hasil belajar pengukuran komponen elektronika siswa SMK yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick adalah sebesar 70,35 dan rata-rata hasil belajar pengukuran komponen elektronika siswa SMK yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing adalah sebesar 69,3. Berdasarkan analisis data dengan uji statistik t tersebut pada tingkat signifikan 0,05% dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar pengukuran komponen elektronika antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan tipe snowball throwing siswa kelas X SMK N 2 Rantau Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 027 |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif;Talking Stick; Snowball Throwing; Pengukuran Komponen Elektronika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jun 2016 01:44 |
Last Modified: | 20 Jun 2016 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5879 |