Pengembangan Buku Komik Digital Berbasis Kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 068006 Medan

Beru Sebayang, Karmila (2024) Pengembangan Buku Komik Digital Berbasis Kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 068006 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216182032_Cover.pdf] Text
8216182032_Cover.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 8216182032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216182032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of 8216182032_Abstrak.pdf] Text
8216182032_Abstrak.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 8216182032_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216182032_Kata_Pengantar.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of 8216182032_Daftar_Isi.pdf] Text
8216182032_Daftar_Isi.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 8216182032_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216182032_Daftar_Tabel.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8216182032_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216182032_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8216182032_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216182032_Daftar_Lampiran.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 8216182032_BAB_I.pdf] Text
8216182032_BAB_I.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 8216182032_BAB_V.pdf] Text
8216182032_BAB_V.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 8216182032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216182032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (600kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Komik digital berbasis kecakapan hidup pada topik Gaya dan Gerak yang teruji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari beberapa tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Buku Komik digital yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa kemudian dilanjut uji kepraktisan dan uji efektivitas. Hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 92% dengan kategori “Sangat layak”, ahli desain sebesar 90% dengan kategori “Sangat layak”, dan ahli bahasa sebesar 92% dengan kategori “Sangat layak”. Kepraktisan respon siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 3,2 dengan kategori “Tertarik”. Hasil pemahaman konsep siswa secara klasikal, data yang diperoleh menunjukkan 58% siswa pada tingkat pemahaman tinggi. Hasil skor N-gain menunjukkan Buku Komik digital efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada topik gaya dan gerak di kelas IV SD pada kriteria “Sedang” (N-Gain = 0,44).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Seb p
Keywords: Pengembangan Komik Digital, Kecakapan Hidup, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Jul 2024 10:43
Last Modified: 18 Jul 2024 10:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58777

Actions (login required)

View Item
View Item