Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 112300 Kongsi Enam

Tanjung, Nella Abna (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 112300 Kongsi Enam. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216182027_Cover.pdf] Text
8216182027_Cover.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 8216182027_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216182027_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 8216182027_Abstrak.pdf] Text
8216182027_Abstrak.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 8216182027_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216182027_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216182027_Daftar_Isi.pdf] Text
8216182027_Daftar_Isi.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 8216182027_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216182027_Daftar_Tabel.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 8216182027_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216182027_Daftar_Gambar.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 8216182027_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216182027_Daftar_Lampiran.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 8216182027_BAB_I.pdf] Text
8216182027_BAB_I.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of 8216182027_BAB_V.pdf] Text
8216182027_BAB_V.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of 8216182027_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216182027_Daftar_Pustaka.pdf

Download (590kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran IPS kelas IV SD 112300 Kongsi enam yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran (2) untuk mengembangkan multimedia Interaktif berbasis Problem Based Learning Pada Pelajaran Ips di Kelas IV Sd Negeri 112300 Kongsi Enam yang dikembangkan
efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Model dalam pengembangan ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4-D (four-D) yang terdiri dari 4 tahapan, Define, Design Develop, dan Disseminate. Subjek dari validator ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan dua puluh lima siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah (1) Lembar Validasi, (2) Tes Hasil Belajar Siswa. Multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning secara keseluruhan dinyatakan dengan layak. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli materi sebesar 4,35 kategorikan valid, ahli media 4,15 dikategorikan valid dan ahli bahasa 4,2 dikategorikan valid. Keefektifan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning rata-rata sebesar 77, 04% dan rata-rata keefektifan pembelajaran menggunakan media cetak sebesar 70, 64%. Nilai keefektifan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning sangat layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Tan
Keywords: ppengembangan multimedia interaktif, Problem Based Learning, hasil belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Jul 2024 10:28
Last Modified: 18 Jul 2024 10:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58774

Actions (login required)

View Item
View Item