Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa di SMP Negeri 37 Medan

Lubis, Tia Yolanda (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa di SMP Negeri 37 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216182008_Cover.pdf] Text
8216182008_Cover.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 8216182008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216182008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of 8216182008_Abstrak.pdf] Text
8216182008_Abstrak.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 8216182008_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216182008_Kata_Pengantar.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 8216182008_Daftar_Isi.pdf] Text
8216182008_Daftar_Isi.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 8216182008_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216182008_Daftar_Tabel.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 8216182008_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216182008_Daftar_Gambar.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 8216182008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216182008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 8216182008_BAB_I.pdf] Text
8216182008_BAB_I.pdf

Download (702kB)
[thumbnail of 8216182008_BAB_V.pdf] Text
8216182008_BAB_V.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 8216182008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216182008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisa kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menerapkan model PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa di SMP Negeri 37 Medan; 2) menganalisa kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menerapkan model PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa di SMP Negeri 37 Medan; 3) menganalisa keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menerapkan model PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa di SMP Negeri 37 Medan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menerapkan model PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa di SMP Negeri 37 Medan memenuhi kriteria : 1) kevalidan dengan skor rata-rata modul siswa sebesar 4,67, modul guru sebesar 4,68, RPP sebesar 4,69, LKPD sebesar 4,69 dan ketiga validator memberikan penilaian valid dengan revisi kecil kepada soal kemampuan berpikir komputasi; 2) kepraktisan, melalui lembar keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba II diperoleh skor sebesar 3,86 dengan kategori terlaksana dengan baik; 3) keefektifan, dengan penjelasan sebagai berikut: a) pada uji coba II 27 siswa (90%) dinyatakan tuntas; b) ketercapaian tujuan pembelajaran telah terpenuhi pada setiap butir soal ; c) seluruh aktivitas siswa pada uji coba II juga memenuhi persentase waktu ideal yang ditetapkan; d) 95% siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan media pembelajaran yang dikembangkan; e) terdapat peningkatan kemampuan berpikir komputasi siswa berdasarkan rata-rata gain ternormalisasi, pada uji coba I dengan kriteria “sedang” dengan skor 0,34 (0,3 <�≤0,7) dan pada uji coba II kriteria “tinggi” dengan skor 0,72 (0,3 < N-Gain ≤0,7).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Lub p
Keywords: Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Komputasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Jul 2024 11:38
Last Modified: 17 Jul 2024 11:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58764

Actions (login required)

View Item
View Item