Pengembangan Multimedia Interaktif Gamifikasi Berbasis Android Pada Materi Kimia Kelas X Semester Genap

Ilham, M. Chairul (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Gamifikasi Berbasis Android Pada Materi Kimia Kelas X Semester Genap. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206142010_Cover.pdf] Text
8206142010_Cover.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 8206142010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206142010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 8206142010_Abstrak.pdf] Text
8206142010_Abstrak.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 8206142010_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206142010_Kata_Pengantar.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 8206142010_Daftar_Isi.pdf] Text
8206142010_Daftar_Isi.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 8206142010_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206142010_Daftar_Tabel.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 8206142010_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206142010_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8206142010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206142010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 8206142010_BAB_I.pdf] Text
8206142010_BAB_I.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of 8206142010_BAB_V.pdf] Text
8206142010_BAB_V.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 8206142010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206142010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (526kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran gamifikasi berbasis android, penilaian hasil belajar, motivasi belajar, korelasi motivasi terhadap hasil belajar dan respon siswa terhadap penggunaan multimedia yang dikembangkan pada siswa kelas X MAS PAB 2 Helvetia. Populasi penelitian yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas X MAS PAB 2 Helvetia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini termasuk penelitian R & D dengan model ADDIE. Pada analisis kebutuhan diperoleh informasi bahwa dibutuhkannya proses pembelajaran kimia yang menyenangkan dan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, tanyajawab dan diskusi serta media pembelajaran berupa powerpoint. Hasil analisis
media ajar awal diperoleh bahwa media yang digunakan cukup layak, namun dibutuhkan revisi beberapa item. Multimedia yang dikembangkan divalidasi oleh dua orang ahli media, dua orang ahli materi dan dua orang guru kimia menggunakan standar kelayakan BSNP. Hasil dari uji kelayakan multimedia yang dikembangkan diperoleh nilai dengan ketegori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes. Data hasil belajar siswa yang diperoleh berdistribusi normal. Sehingga Uji hipotesis dapat dilakukan dengan menggunakan uji one sample t test, dengan hasil penelitian thitung>ttabel artinya hasil belajar siswa setelah diajarkan menggunakan multimedia interaktif gamifikasi berbasis android lebih tinggi daripada standar KKM yang ditetapkan sekolah. Selain itu, berdasarkan hasil angket motivasi diperoleh bahwa siswa termotivasi dalam pembelajaran kimia dengan menggunakan multimedia yang dikembangkan. Hasil penelitian korelasi menunjukkan bahwa rhitung>rtabel maka terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Kemudian hasil persentase respon siswa yang tergolong kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Ilh p
Keywords: Android, Gamifikasi, Kimia, Multimedia Interaktif,, Pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Jul 2024 10:33
Last Modified: 17 Jul 2024 10:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58754

Actions (login required)

View Item
View Item