Fadilla, Asri Safitra (2023) Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kimia Kelas X Semester II. Masters thesis, UNIMED.
8216142012_Cover.pdf
Download (221kB)
8216142012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (600kB)
8216142012_Abstrak.pdf
Download (344kB)
8216142012_Kata_Pengantar.pdf
Download (345kB)
8216142012_Daftar_Isi.pdf
Download (403kB)
8216142012_Daftar_Tabel.pdf
Download (315kB)
8216142012_Daftar_Gambar.pdf
Download (314kB)
8216142012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (314kB)
8216142012_BAB_I.pdf
Download (604kB)
8216142012_BAB_V.pdf
Download (391kB)
8216142012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (551kB)
Abstract
Bahan ajar adalah informasi, alat/media yang digunakan oleh guru untuk melakukan pembelajaran termasuk menciptakan suasana yang mendorong siswa untuk belajar. Pendidik memerlukan bahan ajar sebagai pedoman dalam kegiatan pembelajaran (Zakaria, 2020). Ada 6 prinsip dalam mengembangkan bahan ajar, yaitu : 1). Bahan ajar harus sesuai dengan kurikulum yang digunakan, (2). Bahan ajar harus bersifat kontekstual, (3). Bahan ajar harus mampu menimbulkan motivasi belajar kepada peserta didik . (4) Bahan ajar memungkinkan siswa untuk lebih fokus. (5). Bahan ajar membuat siswa mendorong mengembangkan keterampilan belajarnya. (6). Bahan ajar harus membuat siswa memahami materi dari yang sulit menjadi mudah. (Asliyani, 2014).
Bahan ajar disusun dengan tujuan menyediakan bahan untuk belajar sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa yang mencakup karakteristik dan lingkungan siswa. Bahan ajar dapat membantu siswa menemukan bahan ajar alternatif selain buku pelajaran yang terkadang sulit dipahami. Bahan ajar yang baik harus selalu mengikuti perkembangan teknologi, seni, dan realitas kehidupan dalam masyarakat yang selalu mendunia. Bahan ajar sebagai salah satu faktor yang mampu memperkuat motivasi untuk belajar, yang didesain secara lengkap dan menarik akan mempengaruhi suasana pembelajaran sehingga proses belajar yang terjadi pada diri siswa menjadi lebih optimal. (Nurfajriani, 2016).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Fad p |
Keywords: | bahan ajar kimi; motivasi; hasil belajar siwa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 10:12 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 10:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58752 |