Yusuf, Muhammad (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENYELARASAN BERBASIS ArfOODLE UNTUK ?vfENINGKA TKAN HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN SMK SW AST A BINA SA TRIA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
8206165002_Cover.pdf
Download (110kB)
8206165002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (401kB)
8206165002_Abstrak.pdf
Download (187kB)
8206165002_Kata_Pengantar.pdf
Download (174kB)
8206165002_Daftar_Isi.pdf
Download (483kB)
8206165002_Daftar_Tabel.pdf
Download (310kB)
8206165002_Daftar_Gambar.pdf
Download (145kB)
8206165002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (244kB)
8206165002_BAB_I.pdf
Download (990kB)
8206165002_BAB_V.pdf
Download (399kB)
8206165002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (363kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar penyelarasan yang dikembangkan menggunakan media moodle dan keefektivan bahan ajar yang dikembangkan terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMK Swasta Bina Satria Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Data dalam penelitian ini berupa data kelayakan bahan ajar yang sudah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangan, untuk mengetahui keefektifan bahan ajar yang dikembangkan dilakukan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar penyelarasan berbasis Moodle layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran penyelarasan siswa kelas X OTKP SMK Swasta Bina Satria Medan. Pada hasil hasil postest terjadi peningkatan nilai hasil belajar siswa sebesar 0,009 dengan kriteria rendah (g ≤ 0,3). Selanjutnya bahan ajar penyelarasan berbasis Moodle efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran penyelarasan siswa kelas X OTKP SMK Swasta Bina Satria Medan. Hal tersebut berdasarkan uji t, besaran nilai thitung sebesar 2,724 sedangkan nilai ttabel sebesar 0,396 hal tersebut berarti bahwa nilai thitung > ttabel (2,724 > 0,396) sehingga bahan ajar dinyatakan efektif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.72 Yus p |
Keywords: | Bahan Ajar Penyelarasan, Moodle, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 09:52 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 09:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58749 |