Isfahani, Hamzah (2024) Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis PBL Dengan Literasi Digital Sebagai Moderasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 2 Langkat. Masters thesis, UNIMED.
8216166003_Cover.pdf
Download (214kB)
8216166003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (434kB)
8216166003_Abstrak.pdf
Download (369kB)
8216166003_Kata_Pengantar.pdf
Download (375kB)
8216166003_Daftar_Isi.pdf
Download (528kB)
8216166003_Daftar_Tabel.pdf
Download (376kB)
8216166003_Daftar_Gambar.pdf
Download (306kB)
8216166003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (304kB)
8216166003_BAB_I.pdf
Download (1MB)
8216166003_BAB_V.pdf
Download (469kB)
8216166003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (661kB)
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berjalan dengan pesat dan dampaknya menyentuh keseluruh aspek kehidupan, salah satunya adalah dunia pendidikan. Bahan ajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di MAN 2 Langkat, peneliti menemukan masalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi serta ketersediaan bahan ajar yang masih terbatas membuat para guru mengajar menggunakan media secara minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk digital berbasis PBL dengan literasi digital sebagai variabel moderasinya untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 1 MAN 2 Langkat. Penelitian ini berupakan penelitian pengembangan (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Dalam implmentasi yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini hanya tujuh prosedur atau tahap yang digunakan karena beberapa faktor yang mendasari penyederhanaan tersebut diantaranya keterbatasan waktu, keterbatasan biaya, serta pendapat Borg&Gall yang menyarankan untuk membatasi penelitian dan pengembangan dalam skala kecil termasuk membatasi langkah penelitian dalam tesis atau disertasi. Prosedur penelitian ini terdapat beberapa tahapan antara lain: (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Langkat dengan populasi siswa kelas XI IPS 1 sebanyak 34 siswa. Berdasarkan uji validasi kelayakan bahan ajar digital berbasis PBL yang dilakukan oleh para ahli menunjukan hasil rata-rata 85,73 dengan kategori sangat layak. Perolehan nilai posttest kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan bahan ajar digital berbasis PBL yang dikembangkan rata-rata 89,82 sedangkan nilai posttest kelas kontrol yang diberikan bahan ajar dari sekolah rata-rata 86,29. Hasil ini menunjukkan bahwa bahan ajar digital berbasis PBL efektif digunakan. Selanjutnya hasil analisis uji anava 2 arah menyatakan bahwa Sig.2-tailed sebesar 0,229< 0,05. Karena nilai Sig.2-tailed lebih dari ɑ = 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak sehingga dapat disimpulkan tidak ada interaksi signifikan hasil belajar ekonomi siswa antara siswa yang memiliki kemampuan literasi tinggi dan rendah yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar digital berbasis PBL dan yang menggunakan bahan ajar konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.72 Isf p |
Keywords: | Bahan Ajar Digital, Problem Based Learning, Literasi Digital, dan Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 09:45 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 09:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58748 |