Manurung, Lamtika Sari (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AUDIO VIDEO PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMK NEGERI 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113131023_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 5113131023_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (668kB) | Preview
3. NIM. 5113131023_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
4. NIM. 5113131023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM. 5113131023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 5113131023_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM. 5113131023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5113131023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5113131023_BAB I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
13. NIM. 5113131023_BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 5113131023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran gerbang logika berbasis multimedia interaktif pada SMKN 1 Balige, mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan dan tanggapan dari guru-guru teknik digital mengenai media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran menerapkan dasar-dasar teknik digital.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X jurusan AV SMK Negeri 1 Balige tahun ajaran 2015/2016. Proses pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran menerapkan dasar-dasar teknik digital yang dikemas dalam bentuk softcopy dilakukan dengan menggunakan metode R&D menurut Brg dan Gall model desain pembelajaran ADDIE (Analysis, Design, Develovment, Implementation, Evaluation). Serta proses validasi kelayakan media, peneliti menggunakan metode Borg dan Gall dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development).
Hasil penelitian ini menunjukkan validasi angket ahli media dengan rata-rata 4,17 interpretasi sangat baik dan sangat layak digunakan sebagai media pemebelajaran. Validasi ahli materi (pakar konten) dengan rata-rata 4,74 interpretasi sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran. Pengujian kepada siswa dilakukan dengan dua tahap dimana hasil pengujian tahap I memiliki rata-rata sebesar 4,54 dan dikategorikan “Sangat Baik” pada pengujian tahap II memiliki rata-rata sebesar 4,57 dan dikategorikan “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan sangat baik dan sangat layak dijadikan media pembelajaran materi gerbang logika dasar. Maka untuk itu guru disarankan untuk menggunakan multimedia pembelajaran interaktif yang telah dibuat untuk mata pelajaran menerapkan dasar-dasar teknik digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 008 |
Keywords: | Pengembangan; Multimedia Interaktif; Gerbang Logika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jun 2016 05:36 |
Last Modified: | 18 Jun 2016 05:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5874 |