Purba, Dian Lestari (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK GKPS 2 PEMATANGSIANTAR TAHUNAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113331008_COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM. 5113331008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
3. NIM. 5113331008_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM. 5113331008_KATA PENGATAR.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 5113331008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 5113331008_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 5113331008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5113331008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
9. NIM. 5113331008_BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
13. NIM. 5113331008_BAB V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
14. NIM. 5113331008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Hasil Belajar mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik dari siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kooperatif tipe Think Pair Share lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Ekspositori pada siswa Kelas XI SMK GKPS 2 Pematangsiantar TahunAjaran 2015/2016.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI program keahlian Teknik Kelistrikan SMK GKPS 2 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2015/2016 .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK GKPS 2 Pematangsiantar yang mengikuti mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil seluruh sampel atau secara total sampling, dimana kelas XI TITLA sebagai kelas eksperimen (kelas yang diterapkan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TPS yang berjumlah 22 siswa serta kelas XI TITLB menjadi kelas kontrol (kelas yang diterapkan perlakuan model pembelajaran Ekspositori) yang berjumlah 23 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 45 siswa.Teknik Pengumpul data dijaring dengan menggunakan test objektif.
Untuk menguji normalitas instrument Instalasi Penerangan Listrik digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS diperoleh Lhitung = 0,1013 dan Ltabel = 0,1889 dengan Lhitung < Ltabel atau 0,1013< 0,1889 dengan demikian data berdistribusi normal. Dan pada model pembelajaran Ekspositori Lhitung = 0,1165 dan Ltabel = 0,1847 dengan Lhitung< Ltabel. atau 0,1165 < 0,1847 dengan demikian data berdistribusi normal. Untuk Uji homogenitas antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan Ekspositori digunakan uji barlett pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh Fhitung = 1,19 dan Ftabel = 2,05 karena Fhitung< Ftabel atau 1,19 < 2,05 dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil belajar kooperatif tipe TPS > dibandingkan hasil belajar dengan model ekspositori ini dilihat dengan uji-t pada taraf kepercayaan (α) 0,05 dengan thitung = 3,659 dan ttabel =1,681 sehingga thitung >t tabel dan diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 006 |
Keywords: | Instalasi Penerangan Listrik; Model Pembelajaran; Basil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jun 2016 05:26 |
Last Modified: | 18 Jun 2016 05:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5872 |