Iswara, Taruna (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK YAYASAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI (YPT) PANGKALAN BERANDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113131038 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM. 5113131038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
3. NIM. 5113131038 ABSTARCT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM. 5113131038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM. 5113131038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 5113131038 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM. 5113131038 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 5113131038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
9. NIM. 5113131038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
13. NIM. 5113131038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 5113131038 CHAPTER BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar dan motivasi siswa kelas XI TITL SMK Yayasan Pendidikan Teknologi (YPT) Pangkalan Berandan pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Siswa sulit memahami materi pelajaran disebabkan pendidik kurang memanfaatkan media yang dapat menimbulkan daya imajinasi terhadap materi yang diperlajari. Oleh sebab itu penelitian ini berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat menampilkan teks, gambar, audio dan video tutorial sehingga dapat memberikan umpan balik kepada siswa.
Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dan dipadukan dengan model pembelajaran ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia yang dikembangka oleh ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,14 dan dinyatakan “baik/layak” dan pengujian yang dilakukan oleh ahli materi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,38 dan dinyatakan “sangat baik/layak”. Pengujian kepada siswa dilakukan secara dua tahap dimana hasil pengujian tahap I memiliki rata-rata sebesar 4,51 dan dikategorikan “Sangat Baik” dan pengujian tahap II memiliki rata-rata sebesar 4,47 dan dikategorikan “Sangat Baik”.
Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis multimedia yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk dijadikan media pembelajaran materi Memahami Instalasi Penerangan 1 Frasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 003 |
Keywords: | Multimedia Pembelajaran; Research And Development (R&D); ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jun 2016 04:57 |
Last Modified: | 18 Jun 2016 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5870 |