Pengaruh Bimbingan Kelompok Dalam Pembentukan Karakter Berteman Siswa Kelas XI-P5 SMA Negeri 12 Medan T.A 2022/2023.

Simatupang, Oktaviani (2023) Pengaruh Bimbingan Kelompok Dalam Pembentukan Karakter Berteman Siswa Kelas XI-P5 SMA Negeri 12 Medan T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193351023_Cover.pdf] Text
1193351023_Cover.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 1193351023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193351023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1193351023_Abstrak.pdf] Text
1193351023_Abstrak.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 1193351023_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193351023_Kata_Pengantar.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 1193351023_Daftar_Isi.pdf] Text
1193351023_Daftar_Isi.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 1193351023_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193351023_Daftar_Gambar.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1193351023_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193351023_Daftar_Tabel.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1193351023_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193351023_Daftar_Lampiran.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 1193351023_BAB_I.pdf] Text
1193351023_BAB_I.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 1193351023_BAB_V.pdf] Text
1193351023_BAB_V.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 1193351023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193351023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dalam pembentukan karakter berteman siswa kelas XI-P5 SMA Negeri 12 MedanTahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pre-test – post-test one group design, sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 orang siswa kelas XI-P5 yang memiliki skor masalah karakter berteman tinggi. Pengambilan sampel digunakan dengan menggunakan teknik
random sampling. Alat pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket masalah karakter berteman. Analisis data digunakan uji wilcoxon untuk melihat perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah diberikan perlakukan. Hasil penelitian terdapat dampak yang signifikan dengan diberikan bimbingan
kelompok terhadap pembentukan karakter berteman pada siswa kelas XI-P5 SMA Negeri 12 Medan, ditunjukkan oleh Jhitung > Jtabel dimana 33>8. Jumlah skor pre test 1131 dan skor post test 1310 dengan demikian keseluruhan responden mengalami peningkatan skor sebesar 179, artinya responden mengalami
peningkatan dalam pembentukan karakter bertemannya sebesar 13,66%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Kelompok; Masalah Karakter Berteman.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 05 Jul 2024 10:00
Last Modified: 05 Jul 2024 10:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58685

Actions (login required)

View Item
View Item