Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Yang Rendah Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Arsanty, Novi Ramadhani (2023) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Yang Rendah Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1191151002_Cover.pdf] Text
1191151002_Cover.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 1191151002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191151002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 1191151002_Abstrak.pdf] Text
1191151002_Abstrak.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 1191151002_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191151002_Kata_Pengantar.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 1191151002_Daftar_Isi.pdf] Text
1191151002_Daftar_Isi.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1191151002_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191151002_Daftar_Tabel.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1191151002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191151002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 1191151002_BAB_I.pdf] Text
1191151002_BAB_I.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 1191151002_BAB_V.pdf] Text
1191151002_BAB_V.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 1191151002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191151002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik role playing terhadap motivasi belajar siswa yang rendah kelas XI IIS 1 SMA Negeri 6 Medan T.A 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pretest-posttes group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI IIS 1 yang memiliki motivasi belajar dari yang tinggi, sedang dan rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan angket motivasi belajar berjumlah 57 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Angket diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok teknik role playing terhadap motivasi belajar. Hal ini dapat diperoleh hasil 102,375 perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok ekperimen diperoleh rata-rata sedangkan data post-test diperoleh rata-rata 150,25. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menentukan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 6 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=8, α=0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 6 > 4 dari perhitungan ini dapat dilihat pelaksanaan pada kelompok ekperimen artinya diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik role playing terhadap motivasi belajar siswa yang rendah kelas XI IIS 1 SMA Negeri 6 Medan T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konseling Kelompok Teknik Role Playing; Motivasi Rendah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 05 Jul 2024 09:22
Last Modified: 05 Jul 2024 09:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58682

Actions (login required)

View Item
View Item