Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Pada Anak Tunagrahita Di Sekolah Pada Siswa Kelas 8 SLB Negeri Autis Sumatera Utara Tahun Ajaran 2022/2023

Koto, Irma Cania (2023) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Pada Anak Tunagrahita Di Sekolah Pada Siswa Kelas 8 SLB Negeri Autis Sumatera Utara Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192451005_Cover.pdf] Text
1192451005_Cover.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 1192451005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192451005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 1192451005_Abstrak.pdf] Text
1192451005_Abstrak.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1192451005_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192451005_Kata_Pengantar.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1192451005_Daftar_Isi.pdf] Text
1192451005_Daftar_Isi.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 1192451005_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192451005_Daftar_Gambar.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 1192451005_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192451005_Daftar_Tabel.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1192451005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192451005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1192451005_BAB_I.pdf] Text
1192451005_BAB_I.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 1192451005_BAB_V.pdf] Text
1192451005_BAB_V.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 1192451005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192451005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (231kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran guru dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita pada siswa kelas 8 di SLB Negeri Autis Sumatera Utara. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer pada penelitian ini yaitu 2 guru kelas 8 yang mengajar dikelas tunagrahita sedangkan data sekunder dalam penelitian ini yaitu dua anak tunagrahita yang dapat berkomunikasi dua arah serta orangtuanya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan metode. Hasil penelitian terdapat 7 peran guru yaitu sebagai inovator, motivator, pembimbing, fasilitator, teladan, informator, dan evaluasi untuk membantu meningkatkan kemandirian anak tunagrahita dalam kehidupan sehari - hari seperti kemandirian dalam merawat diri, kemandirian dalam mengurus diri, kemandirian dalam menolong diri, kemandirian dalam berkomunikasi serta kemandirian dalam bersosialisasi.
Berdasarkan temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa 7 peran guru tersebut cukup baik dalam membantu meningkatkan kemandirian tunagrahita dikehidupan sehari-harinya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peran Guru; Bentuk Kemandirian Tunagrahita
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1001 Parapsychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF699 Genetic psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:57
Last Modified: 03 Jul 2024 02:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58670

Actions (login required)

View Item
View Item