Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy

Marpaung, Indi Ajmalia Asih (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206171006_Cover.pdf] Text
8206171006_Cover.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 8206171006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206171006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8206171006_Abstrak.pdf] Text
8206171006_Abstrak.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 8206171006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206171006_Kata_Pengantar.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 8206171006_Daftar_Isi.pdf] Text
8206171006_Daftar_Isi.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 8206171006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206171006_Daftar_Tabel.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 8206171006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206171006_Daftar_Gambar.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 8206171006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206171006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 8206171006_BAB_I.pdf] Text
8206171006_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206171006_BAB_V.pdf] Text
8206171006_BAB_V.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 8206171006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206171006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (632kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas LKPD berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self- efficacy peserta didik di SMP Gajah Mada Medan; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui LKPD berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan; 3) peningkatan self- efficacy peserta didik melalui LKPD berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Tessmer tipe formative evaluation. Model pengembangan ini terdiri dari 2 tahap pengembangan yaitu preliminary (penentuan) dan prototyping (desain dan evaluasi). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) LKPD berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy peserta didik yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan LKPD berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik yang telah dikambangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,35 meningkat menjadi 0,39 pada uji coba II, artinya berada dalam kategori “sedang”; dan 3) Peningkatan self-efficacy peserta didik dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik yang telah dikambangkan dilihat dari nilai N- gain pada uji coba I sebesar 0,31 meningkat menjadi 0,40 pada uji coba II, artinya berada dalam kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Mar p
Keywords: Pengembangan LKPD, model Tessmer, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Pemecahan Masalah, Self-efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jun 2024 15:44
Last Modified: 27 Jun 2024 15:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58654

Actions (login required)

View Item
View Item