Marpaung, Indi Ajmalia Asih (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy. Masters thesis, UNIMED.
8206171006_Cover.pdf
Download (256kB)
8206171006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
8206171006_Abstrak.pdf
Download (387kB)
8206171006_Kata_Pengantar.pdf
Download (450kB)
8206171006_Daftar_Isi.pdf
Download (308kB)
8206171006_Daftar_Tabel.pdf
Download (276kB)
8206171006_Daftar_Gambar.pdf
Download (248kB)
8206171006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (237kB)
8206171006_BAB_I.pdf
Download (1MB)
8206171006_BAB_V.pdf
Download (391kB)
8206171006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (632kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas LKPD berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self- efficacy peserta didik di SMP Gajah Mada Medan; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui LKPD berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan; 3) peningkatan self- efficacy peserta didik melalui LKPD berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Tessmer tipe formative evaluation. Model pengembangan ini terdiri dari 2 tahap pengembangan yaitu preliminary (penentuan) dan prototyping (desain dan evaluasi). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) LKPD berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy peserta didik yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan LKPD berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik yang telah dikambangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,35 meningkat menjadi 0,39 pada uji coba II, artinya berada dalam kategori “sedang”; dan 3) Peningkatan self-efficacy peserta didik dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik yang telah dikambangkan dilihat dari nilai N- gain pada uji coba I sebesar 0,31 meningkat menjadi 0,40 pada uji coba II, artinya berada dalam kategori “sedang”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Mar p |
Keywords: | Pengembangan LKPD, model Tessmer, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Pemecahan Masalah, Self-efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 15:44 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 15:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58654 |