Pengembangan Game Based Learning Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Lhokseumawe

Rianda, Ulfa (2024) Pengembangan Game Based Learning Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Lhokseumawe. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216121002_Cover.pdf] Text
8216121002_Cover.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 8216121002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216121002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 8216121002_Abstrak.pdf] Text
8216121002_Abstrak.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 8216121002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216121002_Kata_Pengantar.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 8216121002_Daftar_Isi.pdf] Text
8216121002_Daftar_Isi.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 8216121002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216121002_Daftar_Tabel.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 8216121002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216121002_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 8216121002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216121002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 8216121002_BAB_I.pdf] Text
8216121002_BAB_I.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of 8216121002_BAB_V.pdf] Text
8216121002_BAB_V.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 8216121002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216121002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (558kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dan keefektifan pengembangan media game based learning bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan kosakata
kelas VIII MTsN 2 Kota Lhokseumawe. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun tahapantahapannya
adalah sebagai berikut: (1) tahapan analysis (2) tahapan design (3) tahapan development (4) tahapan implementation (5) evaluation. Hasil penelitian
menunjukkan : (1) Uji validasi ahli materi dalam media yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan perolehan skor 89%. (2) Uji validasi ahli media
termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan perolehan skor 93%. (3) Dan uji validasi ahli desain instruksional termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan
perolehan skor 96%. (4) Uji coba perorangan masuk ke dalam kriteria sangat baik dengan perolehan skor 88%. (5) Uji coba kelompok kecil termasuk ke dalam kriteria
sangat baik dengan perolehan skor 86%. (6) Uji coba lapangan termasuk ke dalam kriteria sangat baik dengan perolehan skor 90%. Hasil percobaan penggunaan Game
Based Learning pada kelas eksperimen mendapatkan rata-rata hasil belajar 97,sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 94. Berdasarkan uji t (uji
beda rata-rata) yang telah dilakukan terhadap nilai posttest kelompok kontrol dan eksperimen, diperoleh hasil yaitu sig. (2-tailed) 0,103. Karena angka signifikansi atau
probabilitas menunjukkan nilainya > 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada Game Based Learning bahasa Arab efektif digunakan untuk
meningkatkan kemampuan Kosakata siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Ria p
Keywords: Game Based Learning, Bahasa Arab, Kemampuan Kosakata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jun 2024 05:13
Last Modified: 27 Jun 2024 05:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58638

Actions (login required)

View Item
View Item