Pengembangan Game Based Learning Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Lhokseumawe

Rianda, Ulfa (2024) Pengembangan Game Based Learning Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Lhokseumawe. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216121002_Cover.pdf] Text
8216121002_Cover.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 8216121002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216121002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 8216121002_Abstrak.pdf] Text
8216121002_Abstrak.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 8216121002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216121002_Kata_Pengantar.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 8216121002_Daftar_Isi.pdf] Text
8216121002_Daftar_Isi.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 8216121002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216121002_Daftar_Tabel.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 8216121002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216121002_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 8216121002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216121002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 8216121002_BAB_I.pdf] Text
8216121002_BAB_I.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of 8216121002_BAB_II.pdf] Text
8216121002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8216121002_BAB_III.pdf] Text
8216121002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8216121002_BAB_IV.pdf] Text
8216121002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8216121002_BAB_V.pdf] Text
8216121002_BAB_V.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 8216121002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216121002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of 8216121002_Lampiran.pdf] Text
8216121002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dan keefektifan pengembangan media game based learning bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan kosakata
kelas VIII MTsN 2 Kota Lhokseumawe. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun tahapantahapannya
adalah sebagai berikut: (1) tahapan analysis (2) tahapan design (3) tahapan development (4) tahapan implementation (5) evaluation. Hasil penelitian
menunjukkan : (1) Uji validasi ahli materi dalam media yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan perolehan skor 89%. (2) Uji validasi ahli media
termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan perolehan skor 93%. (3) Dan uji validasi ahli desain instruksional termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan
perolehan skor 96%. (4) Uji coba perorangan masuk ke dalam kriteria sangat baik dengan perolehan skor 88%. (5) Uji coba kelompok kecil termasuk ke dalam kriteria
sangat baik dengan perolehan skor 86%. (6) Uji coba lapangan termasuk ke dalam kriteria sangat baik dengan perolehan skor 90%. Hasil percobaan penggunaan Game
Based Learning pada kelas eksperimen mendapatkan rata-rata hasil belajar 97,sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 94. Berdasarkan uji t (uji
beda rata-rata) yang telah dilakukan terhadap nilai posttest kelompok kontrol dan eksperimen, diperoleh hasil yaitu sig. (2-tailed) 0,103. Karena angka signifikansi atau
probabilitas menunjukkan nilainya > 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada Game Based Learning bahasa Arab efektif digunakan untuk
meningkatkan kemampuan Kosakata siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Ria p
Keywords: Game Based Learning, Bahasa Arab, Kemampuan Kosakata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jun 2024 05:13
Last Modified: 09 Jul 2025 03:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58638

Actions (login required)

View Item
View Item