Rianda, Ulfa (2024) Pengembangan Game Based Learning Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Lhokseumawe. Masters thesis, UNIMED.
8216121002_Cover.pdf
Download (217kB)
8216121002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (190kB)
8216121002_Abstrak.pdf
Download (238kB)
8216121002_Kata_Pengantar.pdf
Download (344kB)
8216121002_Daftar_Isi.pdf
Download (260kB)
8216121002_Daftar_Tabel.pdf
Download (209kB)
8216121002_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
8216121002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (313kB)
8216121002_BAB_I.pdf
Download (709kB)
8216121002_BAB_V.pdf
Download (296kB)
8216121002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (558kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dan keefektifan pengembangan media game based learning bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan kosakata
kelas VIII MTsN 2 Kota Lhokseumawe. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun tahapantahapannya
adalah sebagai berikut: (1) tahapan analysis (2) tahapan design (3) tahapan development (4) tahapan implementation (5) evaluation. Hasil penelitian
menunjukkan : (1) Uji validasi ahli materi dalam media yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan perolehan skor 89%. (2) Uji validasi ahli media
termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan perolehan skor 93%. (3) Dan uji validasi ahli desain instruksional termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan
perolehan skor 96%. (4) Uji coba perorangan masuk ke dalam kriteria sangat baik dengan perolehan skor 88%. (5) Uji coba kelompok kecil termasuk ke dalam kriteria
sangat baik dengan perolehan skor 86%. (6) Uji coba lapangan termasuk ke dalam kriteria sangat baik dengan perolehan skor 90%. Hasil percobaan penggunaan Game
Based Learning pada kelas eksperimen mendapatkan rata-rata hasil belajar 97,sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 94. Berdasarkan uji t (uji
beda rata-rata) yang telah dilakukan terhadap nilai posttest kelompok kontrol dan eksperimen, diperoleh hasil yaitu sig. (2-tailed) 0,103. Karena angka signifikansi atau
probabilitas menunjukkan nilainya > 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada Game Based Learning bahasa Arab efektif digunakan untuk
meningkatkan kemampuan Kosakata siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Ria p |
Keywords: | Game Based Learning, Bahasa Arab, Kemampuan Kosakata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 05:13 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58638 |