Rianda, Ulfa (2024) Pengembangan Game Based Learning Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Lhokseumawe. Masters thesis, UNIMED.
8216121002_Cover.pdf
Download (217kB)
8216121002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (190kB)
8216121002_Abstrak.pdf
Download (238kB)
8216121002_Kata_Pengantar.pdf
Download (344kB)
8216121002_Daftar_Isi.pdf
Download (260kB)
8216121002_Daftar_Tabel.pdf
Download (209kB)
8216121002_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
8216121002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (313kB)
8216121002_BAB_I.pdf
Download (709kB)
8216121002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8216121002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8216121002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8216121002_BAB_V.pdf
Download (296kB)
8216121002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (558kB)
8216121002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dan keefektifan pengembangan media game based learning bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan kosakata
kelas VIII MTsN 2 Kota Lhokseumawe. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun tahapantahapannya
adalah sebagai berikut: (1) tahapan analysis (2) tahapan design (3) tahapan development (4) tahapan implementation (5) evaluation. Hasil penelitian
menunjukkan : (1) Uji validasi ahli materi dalam media yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan perolehan skor 89%. (2) Uji validasi ahli media
termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan perolehan skor 93%. (3) Dan uji validasi ahli desain instruksional termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan
perolehan skor 96%. (4) Uji coba perorangan masuk ke dalam kriteria sangat baik dengan perolehan skor 88%. (5) Uji coba kelompok kecil termasuk ke dalam kriteria
sangat baik dengan perolehan skor 86%. (6) Uji coba lapangan termasuk ke dalam kriteria sangat baik dengan perolehan skor 90%. Hasil percobaan penggunaan Game
Based Learning pada kelas eksperimen mendapatkan rata-rata hasil belajar 97,sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 94. Berdasarkan uji t (uji
beda rata-rata) yang telah dilakukan terhadap nilai posttest kelompok kontrol dan eksperimen, diperoleh hasil yaitu sig. (2-tailed) 0,103. Karena angka signifikansi atau
probabilitas menunjukkan nilainya > 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada Game Based Learning bahasa Arab efektif digunakan untuk
meningkatkan kemampuan Kosakata siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 371.33 Ria p |
| Keywords: | Game Based Learning, Bahasa Arab, Kemampuan Kosakata |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature |
| Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 27 Jun 2024 05:13 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 03:42 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58638 |
