IMPLEMENTASI METODE ANT COLONY OPTIMIZATION PADA PENCARIAN RUMAH SAKIT TERDEKAT BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: RUMAH SAKIT DI KOTA MEDAN)

Dewi, Sri Utami and Kartika, Dinda (2023) IMPLEMENTASI METODE ANT COLONY OPTIMIZATION PADA PENCARIAN RUMAH SAKIT TERDEKAT BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: RUMAH SAKIT DI KOTA MEDAN). In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ant Colony Optimizatian adalah sebuah teknik probabilistik yang digunakan untuk menyelesaikan masalah perhitungan dengan menemukan jalur optimal melalui graf, algoritma ini terinspirasi dari perilaku semut dan koloninya saat mencari rute terbaik dalam pencarian makanan. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan mengimplementasikan metode Ant Colony Optimization (ACO) untuk melakukan pencarian rumah sakit terdekat di Kota Medan. Keterbatasan informasi mengenai lokasi suatu rumah sakit menyebabkan kesulitan bagi masyarakat yang ingin berobat ke rumah sakit. Kesulitan akan bertambah ketika kebutuhan rawat inap sangat mendesak, seperti ketika terjadi kecelakaan atau dengan adanya orang sakit. Akibatnya, kecepatan pengambilan keputusan rumah sakit mana yang akan dituju menjadi lambat, apalagi mengingat kondisi pasien yang memerlukan tindakan
dan pengobatan secepat mungkin. Dengan perkembangan teknologi saat ini, termasuk smartphone berbasis android. kemudian diciptakanlah aplikasi pencarian rumah sakit terdekat untuk membantu masyarakat dengan cepat menentukan rute perjalanan menuju rumah sakit. Aplikasi ini digunakan pada perangkat smartphone/android sehingga cukup fleksibel untuk digunakan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Ant Colony Optimization, Android, Rumah Sakit
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:47
Last Modified: 27 Jun 2024 03:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58637

Actions (login required)

View Item
View Item