IDENTIFIKASI AUTOKORELASI SPASIAL MENGGUNAKAN GEARY’S RATIO PADA JUMLAH PENGANGGURAN DI SUMATERA UTARA

Manurung, Hanna Gabriel Srirani and Nasution, Hamidah (2023) IDENTIFIKASI AUTOKORELASI SPASIAL MENGGUNAKAN GEARY’S RATIO PADA JUMLAH PENGANGGURAN DI SUMATERA UTARA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah pengagguran merupakan masalah sosial dan ekonomi yang penting di Indonesia, termasuk di Sumatera Utara. Jumlah pengangguran yang tinggi dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, stabilitas sosial, dan kesejahteraan masyarakat. Jumlah penggangguran di suatu wilayah diduga
terkait dengan jumlah pengangguran di wilayah sekitarnya. Hal ini disebabkan oleh adanya faktor kedekatan atau ketetanggaan antar wilayah tersebut. Untuk mengidentifikasi terjadinya autokorelasi spasial pada jumlah pengangguran, perlu dilakukan uji autokorelasi spasial. Metode untuk mengukur autokorelasi spasial yang dapat digunakan adalah Geary’s Ratio (Geary’s C). Hasil yang diperoleh menggunakan Geary’s Ratio, mengidentifikasi terjadinya autokorelasi spasial positif yaitu sebesar 0,54479673, yang berarti terdapat keterkaitan atau hubungan jumlah pengangguran tahun 2022 antar daerah di Provinsi Sumatera Utara, yang membentuk pola penyebaran yang mengelompok.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Pengangguran, Autokorelasi Spasial, Geary’s Ratio,
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:40
Last Modified: 27 Jun 2024 02:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58627

Actions (login required)

View Item
View Item