SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN OUTLET BUBBLE DRINK TERBAIK DI KOTA MEDAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGTING

Musdalifah, Tenri and Ritonga, Arnah (2023) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN OUTLET BUBBLE DRINK TERBAIK DI KOTA MEDAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGTING. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan outlet bubble drink terbaik di kota Medan dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam sistem pendukung keputusan. Penelitian ini jugamelibatkan penggunaan software MATLAB untuk membandingkan hasil penyelesaian secara manualdan juga secara software. Metode Simple Additive Weighting (SAW) menggunakan software MATLABkarena aplikasi tersebut bersifat efektif dan efisien. Hasil perhitungan secara manual dalam penelitian ini sesuai dengan hasil yang diperoleh menggunakan software MATLAB. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dengan skala likert yang diisi oleh responden yang pernah mengunjungi outlet bubble drink di Sun Plaza Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa outlet bubble drink Chatime mendapatkan peringkat tertinggi dengan skor 0,9882 lalu diikuti oleh Kopi Kenangan dengan skor 0,9732 dan Xing Fu Tang dengan skor 0,9696. Outlet bubble drink dengan skor terendah adalah Share Tea dengan skor 0,8798. Kesimpulan dari penelitian ini adalah outlet bubble drink Chatime merupakan outlet bubble drink terbaik di kota Medan berdasarkan preferensi konsumen.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: MATLAB, Metode SAW, Sistem Pendukung Keputusan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jun 2024 09:31
Last Modified: 27 Jun 2024 15:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58611

Actions (login required)

View Item
View Item