PENERAPAN METODE WASPAS DALAM PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI-DANA DESA (BLT-DANA DESA) (STUDI KASUS: DESA HUTA LIMBONG KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN TENGGARA)

Feby, Yolanda and Arnita (2023) PENERAPAN METODE WASPAS DALAM PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI-DANA DESA (BLT-DANA DESA) (STUDI KASUS: DESA HUTA LIMBONG KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN TENGGARA). In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan program pemerintah bagi masyarakat miskin yang bersumber dari dana desa untuk mengurangi dampak ekonomi. Dalam pelaksanaan penyaluran, BLT menghadapi banyak masalah karena lemahnya pengawasan pemerintah terhadap bantuan tersebut. Pemerintah Desa Huta Limbong sangat memperhatikan penyaluran BLT karena data yang diperoleh masih dikelola secara manual dengan kriteria yang belum jelas dan belum sesuai dengan Permendesa. Hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan penilaian yang tidak akurat, sehingga BLT tidak sampai kepada Masyarakat miskin yang paling membutuhkan. Maka diperlukan suatu sistem yang dapat menentukan penerima BLT di Desa Huta Limbong secara objektif. Pada penelitian ini diterapkan metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS). Sistem ini memberikan nilai bobot pada setiap kriteria dengan menggunakan pembobotan ROC (Rank Order Centroid) yaitu mengurutkan calon penerima didasarkan atas prioritas atau tingkat kepentingan kriteria penerima bantuan. Sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL untuk menangani database. Sementara keluaran sistem berupa urutan penerima BLT di Desa Huta Limbong. Perbandingan hasil sistem ini dengan hasil penerima BLT tahun 2021 adalah sebanyak 48%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Bantuan Langsung Tunai, Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS), ROC (Rank Order Centroid)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:14
Last Modified: 27 Jun 2024 15:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58600

Actions (login required)

View Item
View Item