Nababan, Jentri Ml (2016) PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR BERBASIS PROGRAM APLIKASI MATLAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH/LISTRIK DINAMIS KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2015-2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5113331018 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
02. NIM 5113331018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
03. NIM 5113331018 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
04. NIM 5113331018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
05. NIM 5113331018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
06. NIM 5113331018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
07. NIM 5113331018 TABLES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
08. NIM 5113331018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
12. NIM 5113331018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
13. NIM 5113331018 BIBLOGRA[HY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Mata menganalisis arus listrik searah (DC) di kelas X TITL-1 SMK Negeri 1 Balige Toba Samosir, pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 dengan menerapkan pemanfaatan media belajar berbasis program aplikasi matlab. Penelitian berdasarkan masalah yang didapati dari lapangan, dimana hasil belajar menganalisis arus listrik searah (DC) yang diperoleh dari siswa kelas X TITL-1 SMK Negeri 1 Balige masih rendah.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL-1 SMK Negeri 1 Balige yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi, dan untuk hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan tes. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh hasil analisis: (1) pada siklus I diperoleh 19 siswa (59,37%) yang telah mencapi tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa (40,22%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 64,71. (2) pada siklus II diperoleh 25 siswa (78,12%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 7 siswa (21,81%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 79,31. (3) hasil observasi pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa pemanfaatan media belajar berbasis program aplikasi Matlab berjalan dengan baik.
Berdasarkan Hasil penelitian di atas, dengan Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Program Aplikasi Matlab dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menganalisis Arus Listrik Searah Kelas X TITL-1 SMK Negeri 1 Balige, Tahun Ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 025 |
Keywords: | Media Belajar Berbasis Program Aplikasi Matlab; Hasil Belajar; Menganalisis Arus Listrik Searah; PTK. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jun 2016 03:47 |
Last Modified: | 18 Jun 2016 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5860 |