PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP COMPUTATIONAL THINKING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINJAI

Camelia, Naomi and Simanjuntak, Erlinawaty (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP COMPUTATIONAL THINKING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINJAI. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian eksperimen ini adalah untuk mengidentifikasi model pembelajaran berbasis masalah
yang dibantu oleh Kahoot terhadap kecerdasan buatan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Binjai.Computational Thinking adalah sebuah kemampuan pada proses pembelajaran yang dipergunakan dalam mendukung pemecahan masalah serta memiliki hubungan timbal balik bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran matematika dan sains. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Binjai tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-9 sebanyak 32 orang sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain Pre Test-Post Test Control Group Design. Analisis data mempergunakan uji-t dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan Kahoot lebih efektif daripada pembelajaran biasa dalam komputasi berpikir, dan siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan Kahoot memiliki kemampuan yang lebih baik daripada siswa yang mempergunakan
model pembelajaran biasa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Problem Based Learning, Kahoot, Computational Thinking
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:46
Last Modified: 27 Jun 2024 16:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58593

Actions (login required)

View Item
View Item