PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN DI KELAS IX SMP IT AD DURRAH

Heriyani, Putri and Siregar, Nurhasanah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN DI KELAS IX SMP IT AD DURRAH. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maksud menjalankan riset ini ialah menghasilkan media pembelajaran berbasis Powtoon dengan merujuk pada model pengembangan Research and Development (R&D) Sugiyono yang bersifat valid, praktis dan efektif serta dapat mengetahui kemampuan representasi matematis anak didik setelah memanfaatkan produk pengembangan media pembelajaran berbasis Powtoon pada materi kekongruenan dan kesebangunan. Hasil penelitian validasi media dan materi yaitu 94,9% dan 94,7%
dengan tingkatan amat valid. Hasil uji kepraktisan berlandaskan uji coba tahap awal digapai 95% dengan kategori amat praktis dan dilanjutkan uji coba lapangan dengan perolehan 95,4% bersumber dari respon siswa dan 92,5% bersumber dari respon guru dengan kategori amat praktis. Hasil uji keefektifan berlandaskan hasil tes saat dijalankan uji lapangan mencukupi kriteria efektif sebab persentase ketuntasan anak didik menggapai 80% yang melebihi batas ketuntasan yaitu 75% dengan kategori amat efektif. Kemampuan representasi matematis anak didik setelah memanfaatkan produk pengembangan media pembelajaran berlandas Powtoon digapai dengan kategori baik sekali berjumlah 13 anak didik, kategori baik terkandung 15 anak didik, kategori cukup ada 4 anak didik, dan golongan kurang terkandung 3 anak didik. Itulah sebabnya bersumber dari hasil yang digapai dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dioptimalkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, efektif, serta dapat mengetahui keterampilan representasi anak didik serta layak dan dapat dimanfaatkan di dalam mekanisme pembelajaran mengajar di sekolah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Media pembelajaran; Powtoon; Kekongruenan; Kesebangunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:45
Last Modified: 19 Jun 2024 08:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58562

Actions (login required)

View Item
View Item