PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS ETNOMATEMATIK BATAK DENGAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMPN 3 KISARAN

Harahap, Putri Ardhanita and Fauzi, Kms Muhammad Amin (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS ETNOMATEMATIK BATAK DENGAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMPN 3 KISARAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keprakstisan dan keefektivan media pembelajaran serta melihat peningkatan kemampuan literasi matematis siswa ditinjau per indikatornya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang mana terdiri dari lima tahap yaitu: Analysis (A), Design (D), Development (D), Implementation (I), dan Evaluation (E). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 9-1 SMPN 3 Kisaran. Hasil penelitian ini memperoleh nilai 4,66 kategori sangat valid untuk materi dan 4,76 kategori sangat valid untuk penilaian media. Respon dari guru memperoleh kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 4,69 dan respon siswa dengan nilai rata-rata 4,52. Ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen sebesar 87,09% dari total 31 peserta didik berada dalam kategori tuntas. Berdasarkan hasil tersebut maka media yang dikembangkan dikategorikan efektif. Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh kategori sedang dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,69. Dari hasil uji dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital berbasis etnomatematik batak dengan model PBL yang dikembangkan sangat valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Media pembelajaran; Etnomatematik; Problem based learning; Literasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:41
Last Modified: 19 Jun 2024 08:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58561

Actions (login required)

View Item
View Item