PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CASE METHOD BERBANTUAN ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA

Nasution, Hidayah Tia Azriani and Siregar, Tiur Malasari (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CASE METHOD BERBANTUAN ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kevalidan produk pengembangan bahan ajar berbasis case method berbantuan android untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa, (2)mengetahui tingkat kepraktisan produk untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, (3) mengetahui tingkat keefektifan produk untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, dan (4) mengetahui tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menerapkan bahan ajar berbasis case method berbantuan android. Penelitian ini mengaplikasikan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X IPA di SMA Swasta Methodist 7 Medan sedangkan objek penelitian ini adalah bahan ajar berbasis case method berbantuan android
untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari kuesioner(angket) dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk telah mencapai nilai kevalidan sebesar 4,55 oleh ahli media dan 4,52 oleh ahli materi dan termasuk dalam kategori sangat
layak (SL), (2) Produk menunjukkan kepraktisan dalam kisaran 76% - 100%, (3) Produk dianggap efektif berdasarkan faktor-faktor berikut: (a) hasil belajar siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebesar 94,28%, (b) rata-rata ketuntasan belajar individu sebesar 88%, (c) respon siswa yang positif, dan (d) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest dari 54 menjadi 88. Selain itu, analisis N-Gain menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan pemahaman matematis siswa, dengan skor 0,71 yang termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 510.071 2 Nas p
Keywords: Case method; Android; Kemampuan pemahaman matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:28
Last Modified: 19 Jun 2024 07:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58552

Actions (login required)

View Item
View Item