Sinurat, Michael Stevano (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X PROGRAM TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5113331025 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
02. NIM 5113331025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (778kB) | Preview
03. NIM 5113331025 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
04. NIM 5113331025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
05. NIM 5113331025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
06. NIM 5113331025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. NIM 5113331025 TABLES.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
08. NIM 5113331025 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
09. NIM 5113331025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
13. NIM 5113331025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
14. NIM 5113331025 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learing) terhadap hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik apabila dibandingkan dengan Strategi pembelajaran ekspositori.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TITL program keahlian teknik ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL program keahlian teknik ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 97 orang. Sampel yang diambil melalui pretest. Dari hasil analisis data pretest didapat bahwa kedua kelas merupakan kelas yang homogen yang kemudian kedua kelas diundi untuk menentukan kelompok penelitian . Dari hasil undian didapat kelas eksperimen (kelas yang diajari dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learing) yaitu kelas X TITL 1 sebanyak 32, dan kelas kontrol (kelas yang diajari dengan strategi pembelajaran ekspositori) yaitu kelas X TITL 2 sebanyak 33 orang. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 65 siswa.
Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yaitu teknik pemberian tes berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 27 soal.
Dari hasil penelitian diperoleh Hasil belajar dasar dan pengukuran listrik siswa yang diajar menggunakan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learing) lebih tinggi daripada hasil belajar dasar dan pengukuran listrik siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, dimana : skor rata-rata postest kelas eksperimen 21,094 dan kelas kontrol 18,939 dan hasil Uji t yaitu thitung > ttabel ( 3,368 > 1,669 ), nilai psikomotorik dari pertemuan I-III diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 50,39; 64,97 dan 80,60 sedangkan kelas kontrol yaitu dengan rata-rata 50,13; 60,23 dan 77,40.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 023 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learing);Strategi pembelajaran ekspositori; hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jun 2016 03:06 |
Last Modified: | 18 Jun 2016 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5855 |