PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN MENGGUNAKAN WIZER.ME BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP

Sesili, Andriana and Panjaitan, Marojahan PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN MENGGUNAKAN WIZER.ME BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL JURUSAN MATEMATIKA 2023, 09 November 2023, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan E-LKPD yang valid, praktis serta efektif. Penelitian ini menggunakan salah satu model pengembangan yaitu 4D oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Tahapan dalam 4D meliputi define, design, develop, serta penyebaran. Penelitian ini membuat ELKPD dengan bantuan sebuah situs yaitu Wizer.me. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini ialah lembar validasi ahli materi serta ahli media, lembar kepraktisan, dan lembar keefektifan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengembangan E-LKPD dengan memakai wizer.me berbasis problem based learning untuk meningkatkan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP dinyatakan (1) valid, dengan nilai rata-rata dari ahli materi 4,73 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi dan nilai ratarata dari pakar media adalah 4,34 dan termasuk dalam kategori tinggi. (2) praktis, berdasarkan hasil angket respon guru dengan persentase 79,16% serta masuk kategori praktis. (3) efektif, berdasarkan pada ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 96,09%, ketercapaian indikator dengan peningkatan dari pretest ke posttest sebesar 18,92 dan peningkatan pada analisis N-Gain sebesar 0,67, termasuk dalam kategori sedang, penggunaan waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa dan waktu mencukupi, kemampuan guru mengelola pembelajaran termasuk baik serta reaksi positif yang diberikan siswa mencapai skor 83,27%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Penelitian dan Pengembangan, E-LKPD, Wizer.me, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Jun 2024 05:20
Last Modified: 19 Jun 2024 05:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58546

Actions (login required)

View Item
View Item