PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN GEOGEBRA DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 BINJAI LANGKAT

Fidiah, Nurul and Fauzi, KMS. Muhammad Amin (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN GEOGEBRA DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 BINJAI LANGKAT. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan, kevalidan, dan kelayakan penggunaan media interaktif dalam pembelajaran matematika berbantuan Geogebra dengan pendekatan STEM, serta untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap ide-ide matematika. Dengan menggunakan paradigma pengembangan ADDIE sebagai panduan, penelitian dan pengembangan adalah metodologi yang digunakan. Siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Binjai Langkat menjadi subjek penelitian. (1) Berdasarkan hasil penelitian, validitas media ditentukan oleh persentase validasi ahli sebesar 93,05% berdasarkan konten media dan 95,83% berdasarkan konstruk media yang memenuhi kriteria "sangat valid". (2) Respon siswa pada uji coba kelompok kecil (89,13%), uji coba lapangan (89,24%), dan respon instruktur (92,50%) dengan kategori "sangat praktis" digunakan untuk mengetahui kepraktisan media. (3) Temuan ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media interaktif (82,60%), persentase ketercapaian tujuan pembelajaran (82,60%), persentase respon positif siswa (88,89%), dan ketercapaian waktu yang dibutuhkan sama dengan pembelajaran seperti yang biasa dilakukan digunakan untuk mengetahui keefektifan media. (4) Nilai rata-rata pretest siswa sebesar 56,09 menjadi rata-rata posttest sebesar 81,72 dengan N-gain sebesar 0,58 dengan kategori "sedang" menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa. Penggunaan media interaktif dalam pembelajaran matematika berbantuan Geogebra dengan pendekatan STEM dapat dikatakan layak dalam kategori valid, praktis, dan berhasil karena hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Media Interaktif, Geogebra, Pendekatan STEM, Pemahaman Konsep, Pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Jun 2024 05:10
Last Modified: 27 Jun 2024 15:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58543

Actions (login required)

View Item
View Item