PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN

Sianipar, Bintang Tabita and Panjaitan, Marojahan (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-F SMP Negeri 6 Medan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra pada materi Bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan dua sesi setiap siklusnya. Total siswa kelas VIII-F yang mengikuti penelitian ini berjumlah 31 siswa. Berdasarkan hasil observasi, rata-rata nilai kemampuan memecahkan masalah dalam suatu kelas adalah 30,64 dimana 3 dari 31 siswa (9,67%) tuntas, sedangkan 28 dari 31 siswa (90,32%) tidak tuntas. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika sangat tidak memadai dalam hal ini, tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Setelah siklus I rata-rata skor keterampilan pemecahan masalah sebesar 70,29 pada kelompok sedang.. Kemampuan pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I dalam kategori baik sebesar 2,7. Selain itu, 27 dari 31 siswa (87,09%) mencapai ketuntasan setelah melaksanakan tindakan siklus II, sedangkan 4 dari 31 siswa (12,91%) tidak tuntas. Nilai ratarata kemampuan pemecahan masalah pada siklus II meningkat dari sebelumnya yaitu 83,01 kategori tinggi. Kemampuan guru mengelola pembelajaran memperoleh skor 3,06 dengan kategori baik. Oleh karena itu, dapat dikatakan lebih dari 85% siswa menyelesaikan masalah dengan tuntas di kelas ini”. Setiap siklus menunjukkan penurunan jumlah masalah yang terjadi, dan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematika meningkat. Dengan kata lain, model pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh Geogebra dapat menjadi salah satu solusi yang dapat membantu memperbaiki proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Geogebra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Jun 2024 05:05
Last Modified: 27 Jun 2024 16:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58542

Actions (login required)

View Item
View Item